Geliat Ibu Rumah Tangga Selamatkan Ekonomi Keluarga di Tengah Pandemi

Kompas.com - 15/11/2021, 18:23 WIB
Para pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sedang berbincang. IstimewaPara pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sedang berbincang.


JAKARTA, KOMPAS.com – Perempuan dalam hal ini ibu rumah tangga punya potensi menyelamatkan perekonomian keluarga di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Pengurus Komite Pemberdayaan Perempuan dan Sumber Daya Keluarga Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Amy Atmanto.

Ia bercerita, banyak perempuan yang menyelamatkan keluarga dengan mengambil alih tugas kepala rumah tangga yang terdampak pandemi.

Baca juga: Erick Thohir: Santri Jadi Pilar Utama untuk Menggerakan Ekonomi Syariah

Para ibu rumah tangga mengembangkan potensi demi mendapatkan pemasukan keluarga, contohnya dengan memasang payet dan mote, patchwork membuat kue membuat masker kain dan konektor masker.

Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi sebuah aktivitas yang menghasilkan secara ekonomis dan bisa sangat bermanfaat bagi kesejahteraan mereka yang membutuhkan.

Desainer papan atas Tanah Air ini menilai, aktivitas produktif ibu rumah tangga juga turut menumbuhkan jumlah pekerja kreatif bidang khusus yang diperlukan oleh industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, Amy Amy dengan lantang mengatakan bahwa perempuan Indonesia adalah penggerak UMKM dan menjadi salah satu penyelamat perekonomian bangsa, terutama di saat pandemi Covid-19.

“Kita harus terus berusaha mengembangkan potensi kemampuan perempuan, dalam bidang apa pun itu. Apalagi di sektor sandang (fesyen), banyak perempuan yang berkecimpung di sektor kreatif tersebut. Demikian pula dengan makanan (kuliner),” ujarnya dalam sebuah keterangan, dikutip pada Senin (15/11/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno: Ekonomi Syariah Tumbuh Signifikan di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Amy, hal itu merupakan tanggung jawab bersama yang menjadi bagian dari gotong royong sebuah bangsa.

“Mari kita bergerak bersama dan kita berharap pemerintah selalu mendukung peningkatan kompetensi perempuan, melalui pelatihan, pemberdayaan, pembiayaan, maupun penyerapan hasil karya. Perempuan Indonesia survive dan tangguh,” sambungnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.