Kompas.com - 16/11/2021, 12:07 WIB
UKM  Ratna Aetshop Dokumentasi PertaminaUKM Ratna Aetshop
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi Milenial sering dinilai sebagai generasi pemalas karena sering bermain ponsel, sampai ada sebutan kaum rebahan. Tetapi jangan telan mentah-mentah anggapan tersebut.

Sebab banyak Generasi Milenial yang membuktikan bahwa generasi yang lahir pada 1980-1995 itu adalah generasi kreator, tak hanya di bidang teknologi, tetapi juga di bidang kerajinan.

Hal itu dibuktikan oleh sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia yang mampu "meracik" produk UKM Indonesia hingga menembus pasar global.

Mengangkat kerajinan daerah

Ratna Indrawati (31 tahun) misalnya, pemilik usaha Ratna Artshop asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah membawa kerajinan rotan ketak menembus pasar global.

Hebatnya, ia juga memberdayakan lebih dari 800 pengrajin di NTB agar dapat menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas.

Bahkan di ajang China-ASEAN Expo di Nanning, salah satu UKM binaan Pertamina itu mampu melakukan penjualan dengan nilai hampir Rp 1 miliar. Nilai yang cukup fantastis.

“Saya berasal dari desa yang sebagian besar masyarakatnya hidup dari kerajinan anyaman. Dan saya ingin mengangkat perekonomian mereka menjadi lebih baik dengan produk yang berkualitas, sekaligus melestarikan produk khas yang telah menjadi bagian dari masyarakat sejak lama,” ujar Ratna seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers Pertamina, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dulu Lahan Rawan Kebakaran, Kini Jadi Pertanian Nanas yang Bawa Cuan

Digaet rumah mode ternama

Selain Ratna, ada juga Achmad Nur Hasim (38 tahun), pemilik usaha Kekean Wastra Gallery. Pria yang akrab disapa Aam ini mengambangkan usaha kain tenun Bali dengan konsep sociopreneur yang diusungnya.

"Saat ini kami memberdayakan 12 KUB (kelompok usaha bersama), di mana terakhir bergabung yakni KUB di Gresik dengan sekitar 290 penenun yang tergabung di dalamnya,” jelasnya.

UKM Kakean Wastra GalleryDokumentasi Pertamina UKM Kakean Wastra Gallery

Aam memberdayakan ratusan pekerja dengan 99 persennya merupakan para wanita dan memberi porsi lebih untuk para penyandang disabilitas. Hebatnya, mayoritas pekerja adalah para generasi muda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.