Menkop Sebut UMKM yang Terhubung ke Platform Digital Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 16/11/2021, 14:38 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tengah melihat-lihat produk UMKM. Dok HUMAS KEMENKOPUKMMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tengah melihat-lihat produk UMKM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, hanya UMKM yang sudah terhubung ke platform digital yang bisa bertahan dan bahkan tumbuh di tengah situasi pandemi Covid-19.

Teten membeberkan, berdasarkan data yang diterimanya, transaksi digital melonjak sebesar 54 persen atau lebih dari 3 juta transaksi per hari selama Covid-19.

"Digitalisasi memang sebuah keharusan yang mendorong UMKM agar tak hanya mampu bertahan namun juga bisa melompat bangkit berkontribusi terhadap ekonomi Nasional Indonesia," ujar Teten dalam acara Webinar 12 th Kompas100CEO Forum Ekonomi Sehat 2022 yang disiarkan Harian Kompas secara virtual, Selasa (16/11/2021).

Teten mengatakan ekonomi digital Indonesia berpotensi bisa mencapai 124 juta dollar AS atau kurang lebih mencapai Rp 1.700 triliun pada tahun 2025.

Baca juga: Total Anggaran untuk Serap Produk UMKM Capai Rp 447 Triliun

Oleh sebab itu lanjut dia, pemerintah menargetkan ada sebanyak 30 juta UMKM yang harus masuk ke ekosistem digital pada 2024.

"Saat ini sudah 16,4 juta (masuk ekosistem digital) dan naik hampir 105 persen dibandingkan sebelum pandemi," ungkap Teten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teten juga mengaku, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik di Kementerian dan e-commerce untuk membuat peta jalan UMKM agar target tersebut bisa tercapai.

"Untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi, kami melakukan kegiatan seperti rumah produksi bersama, pelatihan teknis dan banyak lainnya. Untuk mendukung akses pasar, telah dibuat Gerakan Nasional BBI, kami juga telah melakukan kerjasama dengan e-commerce untuk mendorong UMKM masuk ke rantai pasok mereka," ungkap Teten.

Baca juga: Sri Mulyani Waswas Ada Potensi Peningkatan Covid-19 di Akhir Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.