Kompas.com - 16/11/2021, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Subholding Power & New Renewable Energy (Pertamina NRE) Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk penyediaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di wilayah kerja Rokan pada Senin (15/11/2021).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin dan secara simbolis dilakukan Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Fadli Rahman yang didampingi Direktur Proyek dan Operasi Norman Ginting mewakili Direktur Utama Pertamina Power Indonesia.

Dalam sambutannya, Fadli mengatakan bahwa nota kesepahaman ini mencakup kerja sama strategis untuk melakukan studi kelayakan, pengembangan, dan potensi penerapan proyek PLTS, terutama PLTS ground-mounted.

“Pertamina NRE berkomitmen untuk memenuhi aspirasi transisi energi melalui pengembangan EBT, terutama di halaman sendiri. Kami ucapkan terima kasih dan mohon dukungan dari semua pihak,” ungkap Fadli sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Kontan.co.id.

Baca juga: BEI: Pasar Modal Indonesia Telah Pulih

Dalam rencana Pertamina, PLTS akan dibangun untuk mendukung kebutuhan energi listrik di proses inti, perkantoran, perumahan, serta fasilitas pendukung lainnya. Kerja sama strategis ini direncanakan dalam tiga tahap, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Pada jangka pendek potensi kapasitas terpasang mencapai 13 MWp, jangka menengah memiliki potensi sampai dengan 40 MWp, sementara untuk jangka panjang potensinya mencapai 150 MWp.

Tahapan jangka pendek pada kerja sama ini, yaitu proyek dengan potensi kapasitas terpasang mencapai 13 MWp ditargetkan commercial operation date (COD) pada April 2022.

Jaffe mengatakan, PHR merasa bangga karena Rokan dipercaya sebagai wilayah kerja untuk penerapan sejumlah program perbaikan dan inovasi, di antaranya EOR dan digitalisasi.

“Kolaborasi dalam transisi energi ini menambah daftar program tersebut,” pungkas Jafffe. (Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari)

Baca juga: 360Kredi Dapat Fasilitas Pendanaan dari J Trust Bank

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pertamina bangun PLTS di Blok Rokan lewat kolaborasi Pertamina NRE dan PHR

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.