9 Tips Sukses Cara Jualan Online Laris Manis untuk Pemula

Kompas.com - 17/11/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi startegi cara jualan online sukses atau cara jualan online laris ShutterstockIlustrasi startegi cara jualan online sukses atau cara jualan online laris

KOMPAS.com - Cara jualan online untuk pemula (cara jualan online laris) bisa dibilang gampang-gampang susah. Jualan online tengah digandrungi banyak orang di Tanah Air. 

Tren berjualan ini memang sudah jadi tren dalam beberapa tahun terakhir sejak menjamurnya marketplace dan media sosial. Banyak pedagang yang sebelumnya hanya mengandalkan toko fisik, kini juga terpaksa merintis toko online. 

Berjualan online sepertinya terlihat mudah, padahal sebenarnya berjualan online juga punya tantangannya tersendiri.

Cara jualan online laris untuk pemula

Berikut ini 9 tips sukses cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris sebagaimana dilansir dari Bob Vila.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

1. Tetapkan harga yang wajar

Cara jualan online untuk pemula pertama yang sangat riskan adalah terkait harga produk. Penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda terjual tepat waktu. 

Strategi paling mudah menentukan harga, tentu dengan melihat pesaing. Jika ingin cepat terjual, Anda bisa menggunakan strategi potongan harga atau diskon namun dengan tetap mempertimbangan keuntungan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda item yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa.

Baca juga: 15 Istilah Jual Beli Online: COD, PCB, PO, No Afgan, Tijek, hingga DM

2. Ambil foto berkualitas tinggi

Cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris kedua yakni terkait foto produk. Sediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan membiarkan mereka melihat seperti apa barang itu sebenarnya. 

Jika memungkinkan, atur foto produk dengan latar depan, latar belakang, samping dan usahakan minimalkan gangguan sehingga fokusnya ada pada produk itu sendiri. Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi calon pembeli. 

Manfaatkan cahaya alami dengan menempatkan barang di depan jendela yang cerah atau menggunakan lampu khusus jika memungkinkan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.