Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Kampus UMKM Shopee Hadir di Jakarta

Kompas.com - 17/11/2021, 12:32 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce Shopee secara resmi mengoperasikan Kampus UMKM Shopee Jakarta pada, Rabu (17/11/2021).

Setelah hadir di Semarang, Solo, dan Bandung, kini fasilitas pelatihan UMKM berorientasi ekspor itu hadir di Jakarta, tepatnya di Gedung Pakuwon, Jakarta Selatan.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, peluncuran fasilitas itu selaras dengan visi perusahaan untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM melalui transformasi digital.

"Dengan memperhitungkan keterbatasan UMKM untuk bisa mengakses edukasi dan fasilitas penunjang digitalisasi bisnis mereka," kata dia saat peresmian Kampus UMKM Jakarta, Rabu.

Baca juga: Cara Aktivasi Kartu ATM BCA Lewat SMS

Lebih lanjut ia menekankan, UMKM menjadi sangat penting bagi perekonomian nasional, khususnya di tengah upaya pemulihan ekonomi yang tengah berlangsung saat ini.

"Kita sadar UMKM ini begitu penting. Mereka juga butuh support dari berbagai pihak untuk lebih maksimal," ujarnya.

Sejumlah fasilitas disediakan di Kampus UMKM Shopee Jakarta, mulai dari ruang pelatihan untuk pembelajaran mengenai konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan secara online, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan serta pengenalan tentang cara menggunakan aplikasi Shopee dan fitur-fitur pendukung untuk membuat penjualan lebih efektif.

Tersedia juga fasilitas seperti ruang foto produk dan spot live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten agar dapat memasarkan produk, dan juga fasilitas bantuan sebagai pusat edukasi serta simulasi gudang.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Syarat dan Posisi yang Dibutuhkan

"Seluruh fasilitas dan pelatihan ini dapat dinikmati oleh UMKM lokal secara gratis," kata Handhika.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, menyebutkan, kehadiran Kampus UMKM Shopee sejalan dengan visi pemerintah daerah untuk mendukung pertumbuhan bisnis pelaku UMKM.

"Dengan dukungan berupa kampus ini, para pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya," ucap Elisabeth.

Baca juga: Pakaian Impor Kena Bea Masuk, Importir Protes ke Sri Mulyani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com