Kompas.com - 17/11/2021, 17:15 WIB
Jualan online tanpa modal atau bisnis online tanpa modal? Yuk coba cara jualan online tanpa modal dengan skema dropship. FREEPIK/TIRACHARDZJualan online tanpa modal atau bisnis online tanpa modal? Yuk coba cara jualan online tanpa modal dengan skema dropship.

KOMPAS.com - Bagaimana cara jualan online tanpa modal? Sekilas hal tersebut seperti mustahil dilakukan. Namun dengan semakin pesatnya pertumbuhan marketplace dan media sosial, jualan online tanpa modal (bisnis online tanpa modal) bisa dilakukan.

Nah jualan online tanpa modal bisa dilakukan melalui skema dropship. Sedikit berbeda dengan reseller, dropship adalah penjualan produk yang memungkinkan dropshipper, sebutan untuk pelaku usaha dropship, menjual barang ke pelanggan dengan hanya bermodalkan foto atau gambar dari supplier tanpa perlu menyetok barang.

Menurut CEO Qasir, Michael Williem, bentuk bisnis online tanpa modal yang tengah naik daun dan bertumbuh pesat pada masa pandemi ini adalah dropship. 

Bisnis dropship merupakan bisnis yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa modal besar, bahkan bisa dikatakan tanpa modal sama sekali.

Baca juga: Minat Jualan Online? Simak Perbedaan Biaya Admin Shopee dan Tokopedia

Pengusaha dropship atau yang biasa disebut dropshipper cukup mencari pembeli dengan produk-produk dari penjual lain. Jika transaksi berhasil, dropshipper menerima persentase komisi penjualan. 

Praktik cara jualan online tanpa modal ini pun sederhana, dropshipper hanya perlu mengirimkan data pembeli kepada supplier untuk kemudian memproses pembelian barang yang akan dikirimkan atas nama toko dropshipper sebagai pihak kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jenis usaha dropship ini terbukti sangat potensial, namun, tetap ada faktor-faktor yang harus diperhatikan, agar usaha Anda berkualitas, dipercaya oleh supplier, buyer, serta bertahan dan bahkan berkembang,” kata Michael dalam keterangannya. 

Skema dropship adalah pelanggan membeli barang dengan mentransfer uang ke rekening dropshipper, lalu dropshipper membayar kepada supplier sesuai harga beli dropshipper ditambah ongkos kirim.

Baca juga: Berapa Biaya Admin Shopee yang Ditanggung Penjual?

Selain mengirimkan uang pembelian barangg, dropshipper juga mengirimkan data-data pelanggan kepada supplier seperti nama, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi.

Dari sini, barang akan dikirimkan oleh supplier langsung ke alamat pelanggan. Dengan kata lain, karena merupakan bisnis online tanpa modal, tugas dropshipper adalah hanya memasarkan barang tanpa perlu menyetok barang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.