Pandemi Memengaruhi Gaya Hidup Jadi Konsumtif, Ini Kata Perencana Keuangan

Kompas.com - 18/11/2021, 08:07 WIB
Ilustrasi kemudahan berbelanja lewat online shop. Dok Humas Bank OCBC NISPIlustrasi kemudahan berbelanja lewat online shop.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia tak pelak memengaruhi banyak hal. Kondisi ini juga mengubah dan menciptakan tren baru, termausk gaya hidup yang dijalani masyarakat.

Kini, mulai dari cara bekerja sampai berbelanja pun berubah. Bahkan, transaksi yang biasa dilakukan secara langsung, kini jamak dilakukan secara online.

Perencana keuangan Nadia Harsya melihat bahwa kebiasaan baru tersebut perlu ditunjang dengan layanan perbankan yang tidak hanya sekadar mudah, nyaman, dan aman.

Akan tetapi, harus mampu membantu nasabah untuk mengatur alokais pengeluaran. Ia menyayangkan kalau kemudahan dan cara praktis dari model transaksi digital justru membuat masyarakat punya gaya hidup yang komsumtif.

“Jangan karena gampang, sebentar-sebentar check out dari online shop. Pada akhir bulan malah pusing karena tagihan kartu kredit membengkak atau uang di rekening menipis. Hal yang lebih parah lagi sampai berhutang untuk berbelanja,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya, seiring dengan perubahan gaya hidup, masyarakat harus memiliki kemampuan untuk mengatur alokasi pengeluaran.

“Salah satu yang dapat dilakukan adalah memisahkan rekening untuk kebutuhan harian dan hiburan,” paparnya.

Ia menjelaskan, rekening untuk kebutuhan harian harus dipakai sesuai fungsinya. Misalnya, hanya untuk membayar kewajiban dan memenuhi kebutuhan pokok atau tagihan wajib yang sudah pasti.

Lalu, contoh fungsi rekening untuk kebutuhan hiburan adalah hal-hal yang termasuk keinginan, seperti memberikan self reward.

Pentingnya mengelola keuangan

Lagi-lagi, Nadia mengingatkan pentingnya mengelola keuangan. Ia berkata bahwa masyarakat perlu memiliki pengetahuan dasar terkait pengelolaan keuangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.