Skystar Capital

Skystar Capital adalah pemodal ventura yang berfokus pada pendanaan awal untuk membantu akselerasi bisnis rintisan teknologi. Skystar Capital hadir sebagai solusi bagi para pendiri untuk memberikan bantuan modal, saran, dan kemitraan strategis untuk meningkatkan skala bisnis.

Skystar Capital didukung oleh berbagai grup perusahaan terkemuka di berbagai bidang seperti media, telekomunikasi, layanan keuangan, layanan kesehatan, sektor pendidikan, dan lain-lain. Kami memberikan akses melalui jaringan profesional untuk pengembangan bisnis perusahaan rintisan.

Ingin lebih kenal dengan kami? Bisa kunjungi situs kami www.skystarcapital.com atau kalau ingin berbincang dengan kami, kirimkan surel ke contact@skystarcapital.com

Jadi Incaran Investor, Apa Daya Pikat Perusahaan B2B?

Kompas.com - 19/11/2021, 15:12 WIB
VC SSCVC

Oleh: Juvenco Pelupessy

HIDUP di era modern membuat manusia sangat bergantung pada teknologi. Sebut saja di kondisi pandemi COVID-19 ini, sebagian besar aktivitas masyarakat seperti bekerja, belajar, terutama berkomunikasi sangat tidak terlepas dari peran teknologi dan telekomunikasi.

Keadaan ini mendorong pemenuhan kebutuhan alat kolaborasi serta solusi konektivitas yang lebih baik sehingga kebutuhannya pun terus meningkat seiring waktu. Tak heran jika layanan Business to Business (B2B) berbasis teknologi berkembang pesat dan menjadi incaran para pemodal ventura.

Tidak hanya perusahaan telekomunikasi yang berkembang pesat, tetapi perusahaan teknologi finansial (FinTech) juga meraup pasar global yang masif belakangan ini. Semakin banyak FinTech yang berfokus pada layanan B2B menawarkan kemudahan persebaran layanan perbankan, mulai dari alat keuangan untuk usaha mikro dan menengah hingga solusi yang berfokus pada peningkatan arus kas atau pengelolaan persyaratan akuntansi. Di Indonesia sendiri, penetrasi industri keuangan digital juga kian melejit.

Melansir Kominfo, data yang dihimpun Bank Indonesia menunjukkan bahwa rata-rata nilai transaksi uang elektronik pada Januari hingga Juli 2020 mencapai Rp16,7 triliun per bulan. Nilai ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 59 persen per tahun (year on year/yoy) dengan nilai transaksi tertinggi Rp17,5 triliun seiring berlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta kala itu. Bayangkan berapa besar pertumbuhannya di tahun 2021 ini dengan situasi pandemi yang tak kunjung mereda.

Hal itu diperkuat oleh laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company yang menunjukkan bahwa nilai ekonomi berbasis internet di Asia Tenggara diperkirakan akan mencapai 105 miliar USD atau sekitar Rp1.475 triliun. Sementara Indonesia menyumbang sebesar Rp619 triliun di antaranya. Nilai ekonomi digital di Indonesia tumbuh 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Data tersebut mampu menunjukkan bahwa layanan keuangan daring mampu memenuhi kebutuhan pengguna dengan sangat baik dibandingkan alternatif tatap muka atau luring lainnya. Mengingat semakin banyak jumlah lembaga keuangan lokal dan global yang ingin meningkatkan teknologi sekaligus infrastruktur, maka kemungkinan akan terus ada investasi yang signifikan di bidang ini hingga tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini juga berlaku bagi perusahaan B2B berbasis teknologi lainnya yang tentunya memiliki peran penting dalam mempermudah aktivitas atau kegiatan manusia masa kini. Saat menciptakan produk peranti lunak misalnya, perusahaan harus berkomitmen untuk melakukan pemutakhiran teknologi. Salah satunya menyangkut jaminan keamanan privasi atau data penggunaanya, yang mungkin sulit dilakukan banyak usaha lain.

Risiko relatif lebih rendah

Kebanyakan pemasar cenderung mengenal perusahaan besar berbasis layanan langsung ke konsumen (B2C), seperti restoran makanan cepat saji, industri mode, atau merek dagang elektronik. Namun, yang mereka tidak tahu adalah bahwa meskipun pasar B2B jumlahnya lebih kecil, tetapi mereka memiliki lebih banyak target pasar dan mampu menghasilkan keuntungan lebih dibandingkan perusahaan B2C.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.