Kisah Arih Lystia, Penyandang Disabilitas yang Sukses sebagai Content Creator Makeup

Kompas.com - 19/11/2021, 16:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah keterpurukan dan menjadikannya semangat untuk bangkit menciptakan suatu karya tentu bukan hal yang mudah.

Arih Lystia, seorang content creator di Likee kini menjadi bintang baru berkat konten-kontennya dalam menciptakan makeup karakter yang unik.

Tidak hanya itu, wanita bersia 27 tahun ini juga membagikan edukasi terkait disabilitas melalui konten-konten tersebut.

Baca juga: Pegadaian Buka Lowongan Kerja Khusus untuk Penyandang Disabilitas

 

Bermula dari ajakan seorang temannya, Arih mulai tertarik membuat konten video pendek di Likee sejak bulan Agustus tahun ini dan bergabung di salah satu content creator agency.

Meskipun pada saat awal bergabung dirinya belum terlalu aktif membuat konten, namun konten-konten yang dibuatnya cukup menarik perhatian banyak pengguna Likee hingga dirinya menjadi populer seperti saat ini.

“Iya, sebetulnya aku juga tidak menyangka dalam dua bulan belakangan konten-konten yang aku buat semakin diminati, bahkan dalam waktu singkat aku sudah bisa memiliki 2.000 followers,” ujar Arih dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

Meski demikian, Arih mengaku sempat mengalami frustasi akibat kecelakaan tragis yang menimpanya dan merubah hidupnya pada tahun 2004.

Content creator asal Bandar Lampung, Sumatera Selatan ini sempat tertabrak truk yang mengakibatkan Arih kehilangan fungsi tangan kanan dan kiri, serta kaki kanannya patah.

Dikarenakan kecelakaan yang cukup parah tersebut, ia memerlukan waktu penyembuhan yang cukup lama. Hampir satu tahun dirinya hanya bisa berbaring di tempat tidur. Hal ini yang membuatnya sempat harus dikeluarkan atau Drop Out (DO) dari kampusnya.

Mengalami cobaan yang bertubi-tubi, Arih sempat frustasi dan kehilangan kepercayaan dirinya. Ia membutuhkan waktu bahkan sampai kurang lebih empat tahun untuk bangkit dari keterpurukannya tersebut, dan kembali mengumpulkan semangatnya untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.