Minat Investasi di Perusahaan Teknologi? Simak Dulu Tips dari BEI Ini

Kompas.com - 19/11/2021, 16:38 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan teknologi digital berstatus unicorn dan decacorn diproyeksi semakin meramaikan pasar saham Indonesia.

Menanggapi fenomena tersebut, Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan, para investor perlu mencermati dan berhati-hati sebelum berinvestasi di saham-saham perusahaan unicorn dan decacorn.

“Tentunya dengan melantainya unicorn ini, investor tidak perlu merasa Fear of Missing Out (FOMO) dan gampang ikut-ikutan dalam mengambil keputusan investasi,” ujar Hasan dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Garap Ekosistem Kendaraan Listrik Bareng Gojek, Harga Saham Perusahaan Luhut Melonjak

Hasan mengungkapkan, terdapat hal yang menarik dalam menilai sebuah perusahaan unicorn.

Menurut dia, investor tidak hanya bisa menilai perusahaan berdasarkan bottom line-nya saja, tetapi dari potensi pertumbuhan atau growth-opportunity.

Investor sebaiknya tetap mempelajari atau melakukan analisis terhadap perusahaan tersebut sebelum memutuskan untuk memiliki sahamnya,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Hasan juga membagikan beberapa tips kepada investor sebelum berinvestasi di saham-saham unicorn.

Pertama, kata dia, investor harus memperhatikan profil risiko, karena setiap produk investasi yang memiliki potensi keuntungan tinggi, akan memiliki risiko yang tinggi pula, serta tidak semua orang bisa menerima risiko investasi yang tinggi ini.

“Kemudian tujuan investasi, karena setiap orang memiliki tujuan investasinya masing-masing, misalnya untuk dana hari tua atau pensiun, dana pendidikan anak, dan lainnya,” katanya.

Selanjutnya, ungkap Hasan, investor perlu mencermati perencanaan keuangan. Menurutnya, investor harus menyisihkan dana untuk investasi dan jangan pernah menggunakan uang panas apalagi utang atau dana pinjaman untuk melakukan investasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.