Perusahaan Komponen Otomotif Dharma Bakal IPO pada Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 19/11/2021, 20:05 WIB
PT Dharma Polimetal (Dharma Group) PT Dharma Polimetal (Dharma Group)PT Dharma Polimetal (Dharma Group)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dharma Polimetal Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil akan menggelar penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) pada akhir tahun ini.

Direktur Utama Dharma Polimetal Irianto Santoso mengatakan, keputusan untuk melakukan go public pada tahun ini merupakan langkah yang strategis dan relevan bagi perkembangan bisnis perusahaan. Sebab sektor otomotif nasional mulai bangkit tahun ini.

Hal itu ditandai dengan melonjaknya penjualan mobil nasional yang didukung oleh relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah.

"Dalam perjalanannya, perseroan telah berhasil menjadi supplier OEM di Indonesia. Saat ini Perseroan akan berfokus pada peningkatan kapasitas produksi produk komponen otomotif roda empat seiring dengan prospek rata-rata pertumbuhan produk yang terus meningkat dengan bertumbuhnya PDB di masa yang akan datang," tuturnya melalui siaran persnya, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: KBRI Manila dan Madeinindonesia.com Gelar Pameran di Manila

Dalam prospektus ringkas yang diterbitkan Dharma, tercatat jumlah saham yang akan ditawarkan sebanyak 705.882.300 lembar saham atau sebesar 15 persen dari modal yang disetor. Adapun nilai saham baru DRMA yang ditawarkan nantinya sebesar Rp 100 per lembar.

Tujuan dari IPO tersebut adalah melakukan perluasan bisnis dengan membangun pabrik baru dan memperbanyak investasi di lini produksi dan operasi. Melalui tambahan modal dari IPO, perusahaan akan lebih leluasa mencoba melakukan penetrasi pada pasar-pasar baru yang prospektif, seperti pengembangan produk komponen otomotif berbasis listrik atau Electric Vehicle (EV).

Sebagai informasi, hingga bulan Juni 2021, penjualan Dharma mencapai Rp 1,3 triliun dan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp 100 miliar.

"Kami optimis dalam beberapa tahun ke depan, sejalan dengan upaya peningkatan produksi, maka pendapatan usaha dan laba bersih akan kami bisa pertahankan positif di tahun-tahun mendatang," kata dia.

Baca juga: Penasaran Kapan Tanggal Gajian PNS?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.