Gojek dan Perusahaan Luhut Siapkan Rp 17 Triliun untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 20/11/2021, 06:59 WIB
ILustrasi mobil listrik Dok. Pixabay.comILustrasi mobil listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi, Gojek, menjalin kerja sama strategis dengan PT TBS Energi Utama melalui PT Karya Baru TBS untuk membentuk usaha patungan atau Joint Venture (JV) dengan nama entitas usaha yakni Elektrum.

TBS Energi Utama merupakan perusahaan yang masih terafiliasi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Perusahaan patungan itu akan fokus membangun ekosistem kendaraan listrik roda dua di Indonesia. Untuk mendukung fokus itu, kedua belah pihak berkomitmen menyiapkan investasi sekitar Rp 17 triliun dalam 5 tahun ke depan.

Baca juga: Garap Ekosistem Kendaraan Listrik Bareng Gojek, Harga Saham Perusahaan Luhut Melonjak

Co-Founder & CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, pihaknya sangat serius dalam mengadopsi kendaraan listrik untuk semua layanan ekosistem Gojek, seperti GoFood, GoSend, dan GoRide.

Menurutnya, adanya join venture bersama TBS ini, nantinya akan mengubah berbagai macam layanan tadi, dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi  kendaraan listrik.

“Buat kami, ini merupakan suatu komitmen yang sangat serius dan sangat inti dalam bisnis kami. Ini kita lakukan karena situasi polusi sudah sangat buruk," kata Kevin, dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

"Untuk kami, ini merupakan usaha untuk membantu menciptakan solusi terhadap masalah tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama TBS Energi Utama Pandu Patria Sjahrir menyebutkan, sektor energi merupakan sektor yang memerlukan dorongan dari sektor teknologi, guna memperbesar market yang ada dan menciptakan kondisi ramah lingkungan.

Baca juga: Luhut Perkirakan Nilai Investasi Kendaraan Listrik di RI Bisa Capai Rp 493,5 Triliun

"Kami sendiri mengawalinya dari sektor batu bara dan bertransisi ke energi terbarukan, dan sekarang bekerja sama dengan Gojek untuk membangun kendaraan listrik roda dua," ujarnya.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Sonny Sulastono mengatakan, pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang dilakukan oleh Gojek dan TBS sejalan dengan pengembangan industri nasional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.