Baru Diangkat Jadi Manajer? Segeralah Tancap Gas Lakukan Ini

Kompas.com - 20/11/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor Doc. ShutterstockIlustrasi bekerja di kantor

KOMPAS.com - Baru mendapat promosi jabatan menjadi seorang manajer? Selamat. Pasti kamu sedang diliputi perasaan senang, terharu, sekaligus bangga.

Kerja kerasmu perlahan membuahkan hasil nyata. Pencapaian yang menjadi salah satu keinginan banyak orang di dalam kariernya.

Euforia merayakan kenaikan jabatan sebagai manajer tidak perlu berlarut-larut. Kamu justru mengemban tanggung jawab lebih berat, termasuk membimbing bawahan agar dapat melaksanakan tugas, serta mencapai target.

Selain itu, kamu juga harus menjadi manajer atau atasan yang baik, adil, bijaksana, dan menginspirasi bawahan. Berikut hal yang mesti kamu lakukan ketika diangkat menjadi manajer untuk pertama kalinya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berterima kasih pada rekan kerja yang telah mendukung

Diangkat menjadi seorang manajer bukan hanya berasal dari kerja keras dan dedikasimu selama ini. Apalagi suatu kebetulan. Di balik itu, ada dukungan dari rekan-rekan kerja di kantor.

Mereka dengan senang hati membantumu dalam mencapai target perusahaan, menguatkan di saat kamu mengalami kegagalan, serta bentuk dukungan lain. Jadi, begitu kamu dipercaya menjadi manajer, ucapkan terima kasih kepada mereka.

Kamu dapat membuat perayaan sederhana, mengundang beberapa rekan kerja yang selama ini sudah men-support, serta menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang telah diberikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mungkin saja mereka sudah memberikan penilaian baik terhadapmu, sehingga kamu memang layak menduduki posisi sebagai manajer. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak jumawa dan melupakan mereka yang telah banyak berjasa padamu.

2. Mengenali seluruh karyawan yang akan menjadi team work

Baru diangkat jadi manajer, maka tugas pertama kamu adalah mengenali seluruh staf di kantor. Khususnya yang akan menjadi area tugasmu.

Misalnya tadinya staf Business Development, kemudian diangkat menjadi manajer Marketing. Ini adalah divisi baru buatmu, jadi mulai berkenalan dan melakukan pendekatan diri dengan seluruh staf marketing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.