KILAS

Anggota Komisi IV Apresiasi Penanaman Perdana Inpari Nutrizinc Kementan di Cianjur

Kompas.com - 21/11/2021, 19:10 WIB
Ilustrasi sawah DOK. Humas Kementerian PertanianIlustrasi sawah

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan menggelar penanaman perdana benih unggul varietas Inpari IR Nutrizinc di lahan seluas 5,5 hektare (ha) milik Kelompok Tani Tirta Guna di Kampung Sipon, Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Gerindra Endang Setyawati Thohari mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, varietas Inpari Nutrizinc memiliki keunggulan untuk mengatasi masalah stunting. Nutrizinc bahkan diyakini mampu menjadi solusi permanen untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Baca juga: Kementan Dorong Produktivitas Sektor Pertanian dengan Realisasikan Irigasi Perpipaan

"Stunting masih menjadi permasalahan dalam pembangunan manusia Indonesia. Oleh karena itu, benih Nutrizinc diharapkan dapat menjadi salah satu solusinya," kata Endang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (21/11/2021).

Endang mengatakan, angka stunting di Jabar pada 2019 mencapai 26,21 persen. Pada 2024, Jabar menargetkan penurunan jumlah balita stunting menjadi 14 persen.

“Pada 2019, Jabar berada di peringkat ke-11. Kami berharap, angka stunting makin turun di tahun-tahun mendatang," katanya.

Baca juga: Antisipasi La Nina, Kementan Laksanakan Gerakan Pengendalian OPT dan Pengendalian DPI

Sementara itu, Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Muhamad Takdir Mulyadi menjelaskan bahwa varietas Nutrizinc merupakan benih padi unggul yang baru diluncurkan pada 2021.

“Benih tersebut memiliki banyak kandungan nutrisi tinggi yang bisa menekan gizi buruk atau stunting," ujar Takdir.

Pihaknya pun berharap kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten, OPD kecamatan, dan elemen masyarakat untuk serius melakukan penanaman benih padi Inpari Nutrizinc.

Baca juga: Kementan Targetkan 3 Juta Hektar Lahan Pertanian Ikut Asuransi

“Pemerintah melalui Dinas Pertanian Cianjur akan membagikan benih tersebut secara gratis. Bahkan, hasil dari produksi petani akan dibeli langsung oleh pemerintah melalui perusahaan yang telah mendapatkan legalitas kerja sama dengan Kementan. Jadi, saya anjurkan agar melakukan penanaman," jelas Takdir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.