Resmi Melantai di BEI, Mitratel Ungkap 4 Strategi untuk Genjot Kinerja

Kompas.com - 22/11/2021, 11:27 WIB
Anak usaha Telkom, Mitratel, memiliki portofolio berupa lebih dari 28.000 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dok. Humas TelkomAnak usaha Telkom, Mitratel, memiliki portofolio berupa lebih dari 28.000 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) dengan kode emiten MTEL baru saja mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (22/11/2021). Harga penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) perseroan Rp 800 per saham, dengan total dana yang dihimpun sebesar Rp 18,34 triliun.

Pada awal perdagangan di BEI, harga saham MTEL sempat naik ke level Rp 890 per saham. Namun beberapa menit setelahnya mulai bergerak negatif di kisaran Rp 770 hingga Rp 790 per saham.

Direktur Utama MTEL Theodorus Ardi Hartoko mengungkapkan, IPO Mitratel merupakan langkah strategis yang dilakukan Mitratel sebagai anak usaha PT Telekomunikasi Tbk yang berada di bawah naungan BUMN. Pencatatan perdana saham di BEI ini merupakan bagian dari upaya perusahaan mewujudkan mimpi menjadi perusahaan terbuka

“IPO ini diharapkan akan meningkatkan awareness investor regional maupun intrnasional terhadap Mitratel. Kami juga mengajak masyarakat luas untuk menjadi bagian dalam pemerataan transformasi digital di Indonesia, dengan mendukung Mitratel sebagai solusi pemenuhan akses intrnet dan infrastruktur telekomunikasi,” jelas Theodorus Ardi secara virtual, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Bank Neo Commerce Siap Rights Issue, Simak Harga dan Jadwalnya

Theodorus menjelaskan, saat ini kondisi tower market di Indonesia sedang mengalami dinamika yang sangat positif. Hal ini didukung oleh kebijakan yang memperbolehkan perusahaan asing untuk berinvestasi di perusahaan tower.

“Tower market di Indonesia sedang mengalami dinamika yang sangat positif, selain itu perkembangan teknologi 5G akan membuat industri tower bertumbuh akibat kebutuhan ekspansi coverage layanan mobile di Indonesia,” jelas dia.

Direktur Bisnis Noorhayati Candrasuci mengungkapkan, Mitratel memiliki 4 pilar strategi untuk mendorong pertumbuhan kinerja perseroan pasca IPO. Strategi pertama, memperkuat posisi market leadership dipengembangan organik.

“Dalam hal ini, baik pengembangan tower baru maupun co-location. Khusus pengembangan organic ini kita akan meningkatkan tenancy ratio kita. Kemudian untuk mempercepat pertumbuhan, kami juga melakukan pengembangan di non organic dalam hal ini kita akan melakukan next tower acquisitio atau mengakuisisi bisnis land yang mmperkuat positioning ke depan,” jelas Noorhayati.

Baca juga: Jual Beli Hewan Termasuk Ikan Hias Dilarang Facebook dan IG? Ini Kata Meta

Ketiga, perseroan juga akan memiliki complementary bisnis juga yang nantinya akan memposisikan MTEL dalam mendukung digital infrastructure terutama 5G. Strategi keempat yakni efisiensi operasional, yang mana perseroan akan melihat biaya operasional dan maintenance dan melakukan transformasi untuk perbaikan bisnis proses.

Adapun jumlah saham yang dilepas sebanyak 22,9 miliar saham atau setara dengan 27,63 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan setelah penawaran umum dengan nominal Rp 228 per saham. Dari IPO ini, perseroan berpeluang menghimpun dana sebesar Rp 18,34 triliun.

Dalam IPO ini, PT BRI Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dari IPO Mitratel. Nantinya, dana hasil hasil IPO, akan digunakan perseroan untuk modal usaha dan ekspansi bisnis sebesar 44 persen.

Baca juga: El Salvador Berencana Bangun Kota Bitcoin Pertama di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.