Dukung UMKM Perempuan, Pertamina Foundation Gandeng Perempuan Indonesia Maju

Kompas.com - 23/11/2021, 06:12 WIB
Pertamina Foundation (PF) gandeng Perempuan Indonesia Maju (PIM) untuk majukan UMKM perempuan. DOKUMENTASI PEREMPUAN INDONESIA MAJUPertamina Foundation (PF) gandeng Perempuan Indonesia Maju (PIM) untuk majukan UMKM perempuan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Foundation (PF) dan Perempuan Indonesia Maju (PIM) menanda tangani MoU kesepakatan kerja sama untuk Program PF Womenpreneurship Coaching Series.  Kesepakatan ini bertujuan mengembangkan kewirausahaan UMKM Perempuan yang unggul, modern, berdaya saing pasar, memiliki jaringan luas, dan sinergi dengan dunia usaha terutama untuk akses permodalan dan pemasaran.

“Ini merupakan langkah lanjut dari Misi Perempuan Indonesia Maju sebagai upaya penguatan kapasitas dan kompetensi UMKM Perempuan Indonesia untuk para anggota PIM dan sahabat organisasi PIM," ucap Ketua PIM Indonesia Lana Koentjoro dalam siaran persnya, Senin (22/11/2021).

Dia menyebutkan, dengan ikut coaching series ini diharapkan UMKM perempuan dapat mengembangkan kualitas produk menjadi premium dan berorientasi export.

"Karena PIM juga telah mempunya link pasar international melalu jaringan PIM USA dan PIM Eropa sebagai bagian dari program promosi PIM divisi sosial budaya dan pariwisata," sebutnya.

Baca juga: Melalui Platform Ini, UMKM Bisa Punya Website Jualan Dengan Mudah

PF Womenpreneurship Coaching Series merupakan bagian dari program PF Women Leaders for Entrepreneurship.

Untuk organisasi UMKM perempuan seperti Perempuan Indonesia Maju, Women Leaders adalah motor penggerak bagi anggotanya untuk secara bersama-sama lebih ulet dan kreatif mengembangkan kewirausahaan dan sukses bersama.

"UMKM Perempuan yang ikut dlm program ini, akan menjadi pionir perubahan promosi usaha rumah tangga serta menjadi UMKM modern yang optimal memanfaatkan sarana-prasana teknologi dan media sosialnya,” ujar President Director Pertamina Foundation, Agus Masud.

UMKM Perempuan menghadapi beban pandemi Covid-19 yang telah sangat berdampak pada keterpurukan perekonomian nasional. Pertamina Foundation dan Perempuan Indonesia Maju melihat tantangan ini sebagai peluang untuk menghidupkan kembali ekonomi melalui kewirausahaan kelompok perempuan dan melengkapinya dengan coaching series kewirausahaan yang meliputi: Pengembangan Kewirausahaan, Pengenalan Teknologi pendukung usaha e-commerce, Jaringan Usaha, serta Event festival atau Web Contest Product.

Adapun fasilitas yang akan didapat oleh peserta: Paket serial pelatihan secara online (e-learning), Mentoring dari expertice (ekspertis), Fasilitas jejaring usaha bersama pengusaha sukses, Pameran produk secara online (daring), Akses permodalan dari Program Kemitraan BUMN Pertamina, serta Reward (apresisasi) bagi yang terbaik.

Kekuatan perempuan bukan pada besarnya modal, tetapi kapasitas dan ketangguhan serta kesabarannya dalam menyiasati usaha agar menjadi pilar ekonomi yang strategis disaat seluruh sendi ekonomi lumpuh.

Baca juga: BI Ungkap 13 Persen UMKM Indonesia ‘Kebal’ Pandemi, Ini Rahasianya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.