Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stockbit Investa Bersama Akuisisi Mahakarya Artha Sekuritas

Kompas.com - 23/11/2021, 15:08 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Stockbit Investa Bersama (Stockbit) telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan akuisisi terhadap perusahaan sekuritas anggota Bursa Efek Indonesia, yakni PT Mahakarya Artha Sekuritas (kode broker XL).

Co-founder Stockbit Wellson Lo mengatakan, melalui proses akuisisi yang akan dirampungkan dalam waktu dekat ini, nama Mahakarya Artha Sekuritas akan berubah menjadi Stockbit Sekuritas.

“Kombinasi antara pengalaman PT Mahakarya Artha Sekuritas dan keahlian Stockbit di ranah digital akan menawarkan solusi investasi yang mudah, aman, dan terpercaya bagi para investor,” ujar Wellson dalam siaran pers, Selasa (23/11/2021).

Wellson mengatakan, Mahakarya Artha Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas lokal yang memiliki izin perantara pedagang efek serta telah berpengalaman di dunia pasar modal. Dia berharap, akuisisi ini bisa menghadirkan platform investasi online yang mudah, aman, dan terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Berapa Uang Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan? Ini Rinciannya

Direktur Utama PT Mahakarya Artha Sekuritas Megawati Soewardi menyambut baik akuisisi ini. Dia bilang, kesamaan visi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia melalui investasi di pasar modal merupakan alasan utama dalam akuisisi ini.

“Kami percaya, masyarakat akan diuntungkan dengan layanan digital yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan ke depannya,” kata Megawati.

Megawati mengungkapkan, akuisisi ini juga akan dibarengi dengan penguatan tim dalam rangka menjawab tantangan di dalam industri. Sementara itu, para nasabah yang telah berinvestasi bersama PT Mahakarya Artha Sekuritas sebelumnya tetap dapat bertransaksi seperti biasa serta kian diuntungkan dengan kapabilitas Stockbit di bidang teknologi.

Wellson menambahkan, Stockbit terus-menerus berinovasi dan mengembangkan teknologi kelas dunia bagi penggunanya. Adapun, fokus utama akuisisi ini adalah peningkatan kapabilitas teknologi platform trading online serta upaya mempertahankan standar keamanan dan privasi bagi seluruh pengguna.

“Dengan layanan perdagangan saham online yang modern, dan dihadirkan secara sederhana, kami harapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal,” jelas Wellson.

Baca juga: Pinjol Legal Mulai Berguguran, Kok Bisa?

Wellson menambahkan, stockbit ingin berkontribusi dalam meningkatkan jumlah investor di pasar modal serta mendukung perekonomian nasional. Apalagi pertumbuhan investor kian pesat saat ini.

Di awal tahun 2016, jumlah investor saham tercatat sebanyak 434.000 orang. Sementara di akhir Oktober 2021, jumlahnya sebesar 3,1 juta. Wellson memastikan, pihaknya akan terus fokus membuka akses dan memudahkan investasi di pasar modal, khususnya di kalangan investor pemula dan investor ritel.

“Untuk meningkatkan pengetahuan para investor, khususnya investor pemula, kami juga telah meluncurkan Stockbit Academy sebagai sarana belajar saham dari nol dari para profesional secara gratis,” kata Wellson.

Baca juga: Harga Saham Mitratel Masih di Bawah Harga IPO, Simak Rekomendasi Analis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+