Di Tengah Terpaan Pandemi, Pembiayaan KlikA2C ke UMKM Naik 8 Kali Lipat

Kompas.com - 23/11/2021, 15:11 WIB
Djoe saat jumpa pers virtual, Selasa (23/12/2021). (Tangkapan layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANADjoe saat jumpa pers virtual, Selasa (23/12/2021). (Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aman Cermat Cepat atau KlikA2C yang merupakan salah satu penyelenggara pinjol legal membukukan peningkatan pencairan pinjaman sebesar 8 kali lipat sepanjang 2 tahun terakhir.

Tepatnya di periode Januari-September 2019 hingga Januari-September 2021 dengan kualitas kredit yang terjaga yakni TKB 90 mencapai 99,54 persen.

Chief Executive Officer (CEO) KlikA2C Djoemingin Budiono mengatakan, total penyaluran pinjaman sejak berdirinya perusahaan sebesar Rp 529,87 miliar kepada total 3.014 peminjam atau borrower dan outstanding pinjaman Rp 86,65 miliar.

Baca juga: OJK: Restrukturisasi Kredit Terus Melandai

“Capaian positif ini menghantarkan perusahaan untuk berhasil membukukan pertumbuhan bisnis yang positif, yakni rata-rata pertumbuhan setiap kuartal sebesar 11 persen selama 10 kuartal terakhir (quarterly CAGR 11 persen). Kami bersyukur perusahaan semakin tumbuh positif di tengah tantangan pandemi Covid-19," ujar Djoe saat jumpa pers virtual, Selasa (23/12/2021).

Menurut dia, lonjakan penyaluran pembiayaan ini didukung oleh pinjaman modal kerja ke pemilik showroom mobil bekas yang naik lebih dari 15 kali lipat, dan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke petani yang naik lebih dari 4 kali lipat.

Djoe menilai hal ini menunjukkan komitmen yang konsisten dari KlikA2C kepada sektor UMKM dan yang belum terakses lembaga keuangan khususnya perbankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

" Kami juga akan memfokuskan pendanaan produktif untuk sektor otomotif, Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani, invoice financing, dan employee loan," kata Djoe.

Djoe dalam kesempatan yang sama juga mengumumkan bahwa perusahaannya resmi mengganti nama yang semula KlikACC berganti nama menjadi KlikA2C.

Baca juga: Ekonomi Mulai Menggeliat, Kredit Perbankan Diprediksi Bakal Positif

Perubahan nama ini, kata dia, sesuai filosofi KlikA2C yakni hanya tinggal ‘klik untuk memperoleh access to credit’, sehingga memperluas jangkauan perusahaan untuk memberikan akses kredit produktif UMKM.

Dengan penggantian nama ini juga dia berharap perusahaanya bisa menghadirkan pembiayaan berbasis fintech P2P lending kepada sektor produktif UMKM di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.