BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Logitech

Ingin Tampil Profesional Saat Meeting dengan Klien di Era Hibrida? Simak 3 Tips Berikut

Kompas.com - 23/11/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi meeting dengan klien secara hibrida. Dok. ShutterstockIlustrasi meeting dengan klien secara hibrida.

KOMPAS.com – Selama masa pandemi Covid-19, sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) diterapkan perusahaan untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan kantor. Awalnya, tidak sedikit karyawan yang merasa kesulitan beradaptasi dengan sistem itu.

Seiring waktu berjalan, masyarakat mulai terbiasa bekerja secara remote. Bahkan, tidak sedikit perusahaan mulai menerapkan sistem bekerja hibrida, yakni menggabungkan WFH dan bekerja di kantor atau work from office (WFO).

Sebelum pandemi Covid-19, Anda biasa melakukan meeting bersama klien dengan bertemu langsung di kantor, kafe, atau ruang pertemuan lain. Kini, aplikasi meeting online, seperti Zoom atau Google Meeting, menjadi media pertemuan. Pada era kerja hibrida, rapat bisa berlangsung secara tatap muka sekaligus virtual.

Baik meeting secara langsung maupun hibrida, Anda harus tetap memperhatikan penampilan. Walaupun terkesan sepele, penampilan penting untuk memberi kesan profesional kepada klien.

Anda dapat mengenakan kemeja lengkap dengan celana panjang dan merapikan rambut. Bagi kaum hawa, Anda dapat mengenakan riasan tipis dan menyemprotkan parfum untuk menambah mood.

Selain itu, beberapa hal berikut harus Anda perhatikan agar meeting secara hibrida dengan klien terlihat profesional.

Pilih lokasi yang kondusif

Saat harus meeting virtual dengan klien, hal pertama yang harus ditentukan adalah lokasi. Walaupun di rumah, tidak semua ruangan dapat dijadikan lokasi yang kondusif untuk meeting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda dapat memilih ruangan yang tenang di dalam rumah. Jika tidak memiliki ruang kerja khusus, kamar tidur dijadikan sebagai ruangan meeting virtual. Dengan catatan, Anda harus menyiapkan meja dan kursi agar fokus mengikuti rapat. Ingat, jangan melakukan rapat di atas kasur.

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan latar belakang saat meeting berlangsung. Melansir laman Forbes.com, latar belakang dinding berwarna netral disarankan untuk digunakan saat meeting virtual agar memberi kesan profesional. Aksen warna abu-abu atau putih dinilai menjadi warna yang tepat untuk keperluan tersebut.

Selain itu, latar belakang berupa tanaman, rak buku, atau bingkai foto juga bisa dipilih dan tetap terlihat profesional. Namun, pastikan latar tersebut tidak mengganggu konsentrasi atau mencuri perhatian klien.

Kemudian, jangan lupakan pencahayaan yang baik saat melakukan panggilan meeting. Pastikan meja yang digunakan memiliki cahaya yang kuat, tetapi tetap lembut untuk menerangi wajah Anda.

Jika pencahayaan alami atau lampu di kamar kurang terang, Anda dapat menambahkan dua lampu meja LED dengan intensitas dan warna yang disesuaikan di kedua sisi webcam Anda. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan cahaya dengan kondisi siang hari dan menciptakan pencahayaan yang baik pada wajah Anda.

Koneksi internet yang lancar

Bagi para karyawan yang bekerja secara hibrida, koneksi internet merupakan hal penting untuk menunjang produktivitas. Sebab, koneksi yang lancar dapat memastikan pekerjaan terkirim dan diterima oleh atasan ataupun klien.

Begitu pula saat meeting virtual. Selain lancar, internet yang stabil juga dibutuhkan agar dapat menyimak atau mempresentasikan materi.

Oleh karena itu, untuk memberikan kesan profesional, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil. Baik di rumah maupun di kantor, cek terlebih dahulu jaringan internet sebelum meeting berlangsung.

Selain itu, Anda juga dapat mematikan notifikasi pada smartphone atau laptop saat meeting berlangsung. Hal ini bertujuan agar Anda dapat berkonsentrasi dan tidak terdistraksi oleh notifikasi pekerjaan yang lain.

Gunakan gawai yang tepat

Dalam memberikan kesan profesional, Anda harus menggunakan gawai yang tepat untuk melakukan panggilan rapat. Ketimbang menggunakan smartphone, gunakan laptop atau komputer desktop selama meeting virtual.

Saat menggunakan smartphone, Anda perlu menyeimbangkan gawai agar diri Anda terlihat pas di kamera. Jika tidak, hal ini bisa memberi kesan tidak profesional.

Sementara itu, laptop atau komputer memiliki webcam dengan gambar yang lebih stabil. Jadi, Anda tidak perlu mengeset atau mengubah posisi gadget.

Untuk mendapatkan kualitas gambar dan audio yang lebih bagus, Anda bisa menggunakan webcam dan headset eksternal. Penggunaan dua device tersebut menjadi krusial saat rapat virtual.

Pasalnya, dengan menggunakan webcam eksternal, Anda akan mendapatkan tampilan wajah yang lebih jelas, halus, dan tidak blur. Kemudian, penggunaan headset eksternal akan membuat suara Anda terdengar jelas dan jernih sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Melalui dua perangkat tersebut, Anda dapat memberikan kesan lebih profesional di depan klien sehingga mereka merasa lebih dihargai oleh Anda.

Untuk dua device tersebut, Anda dapat memilih produk keluaran Logitech guna menunjang konsep kerja hibrida. Kolaborasi C922 Pro HD Stream Webcam dan H540 USB Headset akan membuat Anda tampil profesional di hadapan klien.

Dengan menggunakan C922 Pro HD Stream Webcam, Anda akan mendapatkan tampilan gambar yang jernih dan nyata karena webcam tersebut dilengkapi lensa autofokus dan bidang pandang diagonal 78 derajat. Anda juga dapat memilih tampilan Full HD 1080p pada 30 frame per second (fps) atau HD 720p yang supercepat pada 60 fps.

Webcam dari Logitech tersebut dilengkapi dengan fitur dual-mic stereo sound yang membuat suara Anda terdengar alami dan jelas. Terdapat juga fitur auto-light correction yang akan menyempurnakan kondisi pencahayaan untuk menghasilkan video high-definition dalam setiap pencahayaan.

Sementara itu, H540 USB Headset menyediakan audio digital HD yang sempurna untuk pengalaman panggilan video, musik, dan game. Dilengkapi dengan laser-tuned driver dan equalizer internal, headset ini akan menghasilkan audio yang presisi.

Saat Anda berbicara pada meeting virtual, suara latar tidak akan terdengar karena headset tersebut memiliki mikrofon noise cancelling. Fitur ini dapat meminimalisasi noise pada latar belakang sehingga percakapan jadi lebih jelas.

Headset plug and play tersebut memiliki control on-ear dan lampu indikator mute yang memudahkan pengguna melihat apakah mikrofon sedang dimatikan atau masih menyala.

Headset keluaran Logitech tersebut dapat digunakan pada komputer PC atau Mac dengan port atau adaptor USB-A tanpa perlu menginstal perangkat lunak.

Dengan tambahan webcam dan headset dari Logitech tersebut, meeting virtual dengan klien dapat berjalan layaknya bertemu langsung. Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk Logitech, silakan klik di sini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.