Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email Secara Profesional

Kompas.com - 24/11/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi pelamar kerja
KOMPAS/ALOYSIUS BUDI KURNIAWANIlustrasi pelamar kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pelamar kerja masih belum paham tentang bagaimana cara mengirim lamaran kerja via email secara profesional. Padahal hal tersebut cukup krusial untuk menentukan apakah lamaran Anda dilirik oleh para perekrut kerja atau akan diabaikan.

Sebaik apapun lamaran kerja yang Anda buat, jika cara pengirimannya bermasalah, bisa jadi email-mu akan diabaikan. Untuk itu, ada baiknya Anda memahami betul cara melamar kerja lewat email yang tepat dan sesuai etika.

Berikut cara mengirim lamaran kerja via email secara profesional yang dikutip Kompas.com pada Rabu (24/11/2021) dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker:

Baca juga: Cara Menulis Cover Letter atau Surat Lamaran Kerja Beserta Contohnya

Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email Secara Profesional

  • Alamat Email yang Profesional

Pastikan Anda memiliki alamat email yang terlihat profesional. Misalnya gunakan nama depan dan belakang Anda dalam alamat email tersebut.

  • Lampirkan Dokumen

Jika CV kamu masih berbentuk Microsoft Word, ada baiknya diubah atau di-convert ke dalam bentuk PDF. Lampirkan beserta file pendukung lainnya yang dibutuhkan perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Subject dan Body Email

Tuliskan subject email dengan jelas dan singkat. Misalnya (posisi yang dilamar) - (nama lengkap Anda).

Sedangkan pada body email ditulis sebagai CV ringkas. Sebab, bagian tersebut merupakan hal pertama yang akan dibaca pihak HRD perusahaan.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

Jika cara mengirim lamaran kerja via email secara profesional Anda benar-benar perhatikan, bisa jadi akan menjadi penentu nasib Anda dalam melamar kerja di lowongan tersebut.

Sebab, format lamaran kerja yang baik dan benar akan membuat para HRD tertarik melirik lamaran kerja yang Anda kirimkan tersebut. Jika mereka tertarik, maka HRD akan membaca dokumen yang kamu lampirkan secara menyeluruh.

Jika tidak, bisa-bisa lamaran kerja Anda akan diabaikan. Hal tersebut akan mempengaruhi peluang Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Simak, Begini Tips Buat Resume Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.