Ungkap Jangkar Pemulihan Ekonomi, Jokowi Puji Realisasi Investasi Jabar

Kompas.com - 24/11/2021, 18:08 WIB
Presiden Jokowi membuka Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021, di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (24//11/2021). BPMI Setpres/RusmanPresiden Jokowi membuka Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021, di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (24//11/2021).


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terang-terangan menyampaikan pujian terkait realisasi investasi di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Hal ini disampaikan Kepala Negara ketika berbicara dalam Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan penghargaan kepada sejumlah PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) pemerintah daerah dan K/L.

Baca juga: Simak Lagi 6 Perintah Jokowi soal PPKM Desember 2021 Seluruh Indonesia

Jokowi mengaku senang karena ada beberapa kementerian/lembaga, provinsi, maupun kabupaten/kota yang mendapatkan anugerah tersebut baik yang berkaitan dengan realisasi investasi maupun urusan perizinan.

Pada momentum inilah Jokowi bahkan sempat menyebut provinsi Jawa Barat sebagai salah satu wilayah yang memiliki realisasi investasi yang cukup cemerlang.

Realisasi investasi bagus di Jawa barat,” kata eks Gubernur DKI Jakarta itu, dalam acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jokowi menegaskan bahwa investasi adalah jangkar pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Investasi bisa menjadi kunci percepatan pertumbuhan ekonomi.

Ia mengatakan, pemulihan ekonomi nasional tak bisa semata-mata mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca juga: Soal Transisi Energi, Jokowi: Tarif Listrik Naik? Mau Mereka Nombokin Ini?

“Investasi ini jadi jangkar pemulihan ekonomi karena kalau kita fokus pada APBN, meski saya tau tahu bu Menkeu sangat prudent, sangat hati-hati dalam mengelola APBN kita, Oleh sebab itu, yang di luar APBN ini harus digerakkan, kembali lagi, investasi,” bebernya.

Sejalan dengan itu, Jokowi mengingatkan bahwa realisasi investasi tidak akan tercapai jika tidak ada peranan pemerintah daerah. Menurutnya, pemerintah daerah harus turun tangan mengawal realisasi investasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.