Ada World Superbike, Jumlah Penumpang Bandara Lombok Naik 50 Persen

Kompas.com - 25/11/2021, 12:45 WIB
Jelang WSBK, penumpang yang tiba di Bandara Lombok mengalami peningkatan Dok. Humas Bandara LombokJelang WSBK, penumpang yang tiba di Bandara Lombok mengalami peningkatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) membuat lonjakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Lombok.

Jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari bandara ini selama pekan penyelenggaraan event WSBK (17-23 November 2021) tercatat rata-rata 5.700 penumpang per hari.

Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya di bulan November 2021 yang rata-rata ada di angka 3.800 penumpang per hari.

Baca juga: Selama Ajang WSBK, Harga Penginapan hingga Sewa Mobil Naik 3 Kali Lipat

"Jika melihat tren pergerakan penumpang, puncak arus kedatangan terjadi pada 19 November 2021, dimana terdapat 4.241 orang yang tiba di Bandara Lombok. Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 22 November 2021 dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 4.077 orang,” ujar General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/11/2021).

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, tercatat mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama. Pada 1-16 November 2021 rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari, sedangkan pada 17-23 November 2021 rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah rata-rata harian pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat selama event WSBK ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2021 ini.

Baca juga: Usai WSBK, Menhub Siapkan Prasarana Transportasi untuk MotoGP dan F1

"Meskipun pergerakan penumpang dan pesawat cukup tinggi, semua proses pelayanan di Bandara Lombok berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.

Menurut Nugroho Jati, hal ini tak lepas dari kerja keras seluruh karyawan bandara serta dukungan dari para mitra usaha, mitra kerja, dan stakeholder Bandara Lombok lainnya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan komunikasi yang telah terjalin dalam upaya kita bersama-sama menyukseskan event internasional ini,” ungkapnya.

Baca juga: WSBK di Sirkuit Mandalika, Luhut: Penantian 24 Tahun Akhirnya Terbayar Lunas...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.