Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Jangan Hanya Omong Saja, Semua Harus Pasang Target

Kompas.com - 25/11/2021, 18:07 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta semua pihak bekerja sama menyukseskan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada tahun depan.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara Presidensi G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Kamis (25/11/2021).

"Saya minta semua yang hadir hari ini jangan hanya omong-omong saja, semua harus pasang target. Kesuksesan mencapai target itulah ukuran suksesnya nanti," kata Luhut melalui siaran pers.

Luhut menyampaikan kepada Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, TNI, dan Kementerian Kesehatan, membuat standar layanan acara pada masing-masing bidang yang dapat diaplikasikan pada rangkaian kegiatan G20.

Baca juga: Defisit APBN Rp 548,9 Triliun, Sri Mulyani: Jauh Lebih Baik dari Tahun Lalu

Dia juga meminta agar semua instansi dan pihak yang terlibat bekerja dengan tulus dan tidak saling menonjolkan kehebatan. Sebab kata dia, penyelenggaraan tersebut merupakan kerja tim.

"Kita di sini kerja tim. Kita kerjakan dengan persiapan yang baik, maka hasilnya akan baik. Seperti saat kita selenggarakan IMF-WB Annual Meeting semua pihak memandang sebelah mata, tapi kita buktikan bahwa bangsa ini bangsa besar yang bisa menyelesaikan masalahnya," kata Luhut.

Sebagai tindak lanjut rapat tersebut, Luhut meminta para menteri yang hadir agar dapat melakukan rapat teknis di Jakarta, dalam rangka pematangan persiapan pelaksanaan KTT G20 serta rangkaian kegiatannya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dirinya telah mengarahkan agar panitia dapat memberikan rasa aman kepada para peserta G20.

Selain itu, Budi juga tengah menyiapkan panduan tertulis untuk para peserta KTT terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan. Mulai dari kedatangan para peserta selama perhelatan acara, sampai saat kepulangan.

"Kami sedang berkoordinasi agar ada standar minimum pelayanan kesehatan untuk masing-masing meeting dapat terlaksana," kata Menkes.

Baca juga: Luhut ke Tony Blair: Mengapa Uni Eropa Lebih Senang Mengadukan Indonesia ke WTO?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com