Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UMKM Daerah Lebih Berdaya Saing, Aplikasi TOKKO Semesta Ekspansi ke Surabaya

Kompas.com - 26/11/2021, 07:42 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih memanfaatkan teknologi dalam memenuhi kebutuhan, mendorong hadirnya aplikasi TOKKO Semesta yang memudahkan UMKM memasarkan produknya.

Saat ini cakupan area TOKKO Semesta meluas ke Surabaya, setelah sebelumnya diluncurkan di Bandung pada Oktober 2021 lalu.

VP of MSME Growth TOKKO Tri Sukma Anreianno mengungkapkan, TOKKO Semesta merupakan komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin fokus mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Dorong Performa UMKM, ShopeePay Hadirkan Kampaye 12.12 Birthday Deals

“Peluncuran TOKKO Semesta di Surabaya ini bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur khususnya Surabaya untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online,” kata Tri dalam siaran pers, Kamis (25/11/2021).

Tri mengungkapkan, kehadiran TOKKO Semesta diharapkan dapat meningkatkan digitalisasi di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM dan tersedia secara online maupun offline.

Di aplikasi TOKKO, para pelaku usaha tidak hanya dapat menjual langsung barang dagangannya kepada pelanggan mereka, namun juga membantu untuk membangun brand, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara ‘Jualan Online Beneran’.

Saat ini, TOKKO memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

Baca juga: Di Tengah Terpaan Pandemi, Pembiayaan KlikA2C ke UMKM Naik 8 Kali Lipat

Dia menjelaskan, tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go digital yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan.

“Dengan pendampingan yang didapatkan di TOKKO Semesta, diharapkan UMKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnisnya,” jelas Tri Sukma.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, di Surabaya UMKM memiliki peranan yang sangat vital dalam perekonomian Jawa Timur.

Kontribusi UMKM pada PDRB Jawa Timur tahun 2020 mencapai 57,25 persen atau setara dengan Rp 1 triliun.

Artinya perkuatan UMKM di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat di daerah.

Baca juga: Dukung UMKM Perempuan, Pertamina Foundation Gandeng Perempuan Indonesia Maju

Khofifah mengatakan, saat ini Pemprov Jatim telah melakukan upaya penguatan UMKM seperti kurasi produk melalui Rumah Kurasi BI yang merupakan satu-satunya di Indonesia, sertifikasi kurator oleh KADIN, dan pendampingan agar usaha mereka dapat lebih dikenal dan lebih maju.

“Kehadiran TOKKO Semesta diharapkan merangkul lebih banyak UMKM di Jawa Timur dan terus mengambil bagian dalam upaya transformasi digital di Indonesia,” tegas Khofifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com