Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

Hal-hal Kecil yang Mungkin Terlewat oleh Pak Erick soal SPBU dan Toiletnya

Kompas.com - 26/11/2021, 09:13 WIB
Ilustrasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina. KOMPAS.com/DANIEL PEKUWALIIlustrasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina.

Soal toilet SPBU Pertamina jadi polemik karena ongkos buang hajat. Ini sejumput cerita pinggiran soal SPBU di keseharian. Ada data dan harapan juga.

 

INI sekadar berbagi kisah pejalan dari masa ke masa, tak hanya di Ibu Kota, baik saat memakai roda dua maupun roda empat di berbagai kota. 

Pak Erick—ini maksudnya Menteri BUMN Erick Thohir ya—, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) adalah penyelamat bagi pejalan. Bukan buat urusan bahan bakar saja. 

Sebentar, simak dulu sampai akhir, ada banyak cerita serunya lho. Di ujung nanti, harapan dan data seputar toilet dan SPBU berlogo Pertamina juga sayang bila terlewat. Semoga ada hati tergerak.

Dari pipis sampai tempat lepas lelah

Ada waktunya kebelet pipis dan pup tak tertahankan dalam perjalanan. Ada juga waktunya perjalanan bikin nyaris kehilangan waktu shalat dan lokasi masjid tak selalu tampak atau nyaman bagi pejalan berhenti.

Shalat punya aturan keringanan bagi pejalan, tapi sebenarnya ada batas waktu tempuh dan jarak untuk menggunakannya. Dan sebaik-baiknya shalat adalah pada waktunya dan lebih baik lagi bila di awal waktu. Nah, ini butuh tempat yang tak harus bagaimana-bagaimana tapi mutlak bersih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pasang Video di ATM hingga Minta Toilet SPBU Gratis, Erick Thohir Dinilai Tengah Poles Citra Jelang 2024

Kalau soal pipis dan pup, sudahlah. Itu urusan yang bisa menggugurkan hal yang jauh lebih serius ketika waktunya tiba, apalagi saat ada kondisi darurat karena faktor kesehatan atau cuaca.

Dalam setidaknya dua hal itu saja, SPBU adalah alamat yang tak akan keliru untuk dituju. 

Belum lagi, Pak Erick, tidak semua pejalan antar kota antar provinsi kepikiran untuk menyewa hotel saat lelah mengemudi. Mungkin, tidak semua mampu juga. 

Atau, waktu juga jadi pertimbangan untuk tidak mencari penginapan sekadar buat sejenak memejamkan mata. Belum tentu juga pas lelah ada penginapan di depan mata.

Baca juga: Usai Ditegur Erick Thohir, Pertamina Pastikan Toilet di SPBU Gratis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.