Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Pertamina di Sultra, Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG Kolaka

Kompas.com - 26/11/2021, 15:19 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha PT Elnusa Tbk menggelar seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat, (26/11/2021).

Pembangunan itu dilakukan guna mendukung peningkatan ketersediaan liquefied petroleum gas (LPG) di wilayah Sultra dan mendukung Pertamina (Persero) dalam menjaga cadangan LPG.

Hal tersebut pun sesuai keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastruktur penyimpanan LPG.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Terminal LPG ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG, khususnya di Sultra dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat.

Sementara itu, Vice President Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial and Trading PT Pertamina Patra Niaga Iswanto Suseno menyampaikan, groundbreaking tersebut merupakan bentuk komitmen kedaulatan energi Pertamina Grup bagi masyarakat dan negara.

Baca juga: Lewat EPN 7 Ways, Elnusa Petrofin Raih 2 Penghargaan di Indonesia Best BUMN Awards 2021

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Terminal LPG Kolaka ini,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Kolaka Ahmad Safei yang turut hadir dalam acara groundbreaking TLPG itu.

“Saya berharap nantinya pemenuhan kebutuhan LPG semakin baik dan mampu menciptakan peluang peluang baru dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Adapun, TLPG Kolaka ke depannya akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 meter persegi untuk lokasi sarana fasilitas TLPG.

Kemudian, TLPG juga akan mendapatkan 2.718 meter persegi sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG. Dengan begitu, total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 meter persegi.

Baca juga: Elnusa Pertahankan Kinerja dan Tetap Fokus pada Strategi Bisnis Jangka Panjang

Pembangunan TLPG Kolaka ini mencakup tangki bola (spherical tank) berkapasitas 2x1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas pompa LPG, loading bay ke skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni dengan estimasi penyelesaian pembangunan selama 24 bulan.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula pemberian bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud kepedulian EPN kepada pendidikan di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, kegiatan turut dihadiri jajaran Direksi Elnusa Petrofin, Executive General Manager Marketing Operation Region VII (Sulawesi) Pertamina Agus Dwi Djatmoko, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kolaka, dan jajaran kepala dinas terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com