Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BP Jamsostek: Teknologi Memainkan Peran Penting dalam Meningkatkan Perlindungan Sosial

Kompas.com - 26/11/2021, 15:27 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo mengatakan bahwa gelombang transformasi digital yang terjadi di tengah pandemi Covid-19 seharusnya tidak dilihat sebagai ancaman, namun harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk memajukan perlindungan sosial ke tingkat yang lebih baik.

"Teknologi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan perlindungan sosial. Penggunaan teknologi informasi dalam perlindungan sosial dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi perekonomian suatu negara," kata Eko dalam Webinar Internasional bertema Social Protection in the Face of Digitalization and Economic Uncertaintie, dikutip Jumat (26/11/2021).

"Selain itu, juga memberikan kemudahan dan layanan yang lebih cepat serta keamanan yang lebih baik bagi penerima manfaat dan masyarakat," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Acting Director General NSSF Cambodia selaku The Chairman of ASSA 2020-2021 Heng Sophannarith menuturkan, penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan efektivitas dan cakupan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Digitalisasi memainkan peran penting dalam jaminan sosial diantaranya untuk memenuhi kebutuhan peserta ketika melakukan klaim, pembayaran iuran maupun saat membutuhkan informasi terbaru terkait jaminan sosial. Selain itu teknologi juga mampu meningkatkan kualitas dan manajemen data.

Baca juga: Bangun Rusunara di Papua, Sri Mulyani Gelontorkan Rp 25,5 Miliar

Webinar yang diikuti oleh 1.800an peserta dari berbagai negara tersebut terbagi dalam 2 sesi diskusi panel. Masing-masing membahas isu terkait Covid-19 and Economic Uncertainties: Impact and Policy Responses.

Sedangkan untuk sesi 2 membahas Digital Solutions for Social Protection. Tak hanya webinar, dalam rangkaian ASSA Board Meeting tahun ini, BP Jamsostek juga menerima estafet kepemimpinan ASSA untuk periode 2021-2022.

Selain itu ASSA juga memberikan apresiasi kepada beberapa institusi yang berhasil melakukan inovasi terbaik dalam penyelenggaran jaminan sosial di negaranya, termasuk BP Jamsostek yang mendapatkan Strategic Communication Recognition Award.

Penghargaan tersebut diberikan kepada BP Jamsostek yang dinilai berhasil mengaplikasikan strategi komunikasi terpadu dalam penanganan isu atau berita.

Baca juga: Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP dan F1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com