Kemenkeu Dorong Pemanfaatan Aset Negara yang Telah Capai Rp 11.000 Triliun

Kompas.com - 26/11/2021, 16:33 WIB
Kantor Kementerian Keuangan KEMENTERIAN KEUANGANKantor Kementerian Keuangan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendorong pemanfaatan aset negara guna mendongkrak Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Adapun nilai aset milik negara telah mencapai Rp 11.000 triliun pada 2020, meningkat dibanding 2019 dengan nilai sebesar Rp 10.467 triliun.

Kenaikan itu terjadi pada seluruh jenis aset negara, yakni aset tetap, investasi jangka panjang, aset lancar, aset lainnya, dan piutang jangka panjang.

Direktur Barang Milik Negara (BMN) Kemenkeu Encep Sudarwan mengatakan, aset negara masih didominasi oleh aset tetap, dengan nilai mencapai Rp 5.976 triliun.

"Aset tetap itu tanah, bangunan, jembatan masih banyak lagi. Paling besar itu tanah," kata dia, dalam diskusi virtual, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: IHSG Anjlok 2,06 Persen di Akhir Pekan, Rupiah Juga Melemah

Seiring dengan pertumbuhan nilai aset itu, nilai PNBP dari BMN juga mengalami pertumbuhan, tercatat hingga Oktober 2021 mencapai Rp 801,6 miliar, meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 662,6 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Encep menyebutkan, Kemenkeu menargetkan PNBP dari pemanfaatan aset negara dapat mencapai lebih dari Rp 1 triliun pada 2022.

"Ini yang sering dibilang Ibu Sri Mulyani, mana itu keringatnya dari aset? Kita kejar," ujar Encep.

Menurut Encep, pemanfaatan BMN menjadi semakin penting, seiring dengan dibutuhkannya sumber pendanaan negara untuk sejumlah proyek nasional, seperti pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Spending kita harus lebih baik. Ibu kota baru kan mau bangun, bisa pakai aset yang ada," ucap dia.

Baca juga: Menengok Tambang Emas Archi di Manado, Terbesar di Asia Tenggara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.