Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info KRL, Pesan Makan di Kereta, hingga Cek Pengiriman Barang Bisa Pakai KAI Access

Kompas.com - 26/11/2021, 18:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus mengembangkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi  KAI Access. Kini KAI Access tidak hanya untuk pemesanan tiket kereta, tapi juga mendukung pemesanan dan informasi dari layanan KAI Group.

"Pengembangan aplikasi KAI Access ini merupakan bentuk inovasi dan solusi KAI untuk menghadirkan pemesanan berbagai layanan dalam satu genggaman," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Ia mengatakan, bagi pelanggan yang ingin menikmati makanan saat menaiki kereta api jarak jauh, kini sudah bisa langsung memesannya melalui menu Rail Food. Selain memesan menu yang tersedia di kereta, pelanggan juga bisa memesan makanan khas di daerah yang dilalui kereta tersebut.

Baca juga: KAI Ungkap 243 Titik Jalur Kereta Api Rawan Banjir, Longsor dan Amblas

Kemudian pada menu KA Wisata, kini ada layanan pemesanan kereta wisata seperti Kereta Istimewa, Kereta Wisata Priority, hingga Nusantara. Berbagai informasi terkait fitur kereta wisata yang mewah dan premium dapat langsung diakses serta dipesan melalui aplikasi KAI Access.

Tak hanya itu, KAI juga sudah mengintegrasikan fitur KRL Jabodetabek dan KRL Yogya - Solo pada menu Informasi KRL. Pelanggan dapat melihat jadwal KRL, posisi KRL, Informasi jalur perjalanan KRL, peta rute jalur KRL dan cek tarif KRL cukup melalui satu aplikasi saja.

"Sementara bagi para pengguna Kereta Api Bandara di Jakarta dan Medan, KAI juga telah memuat menu pemesanan tiket kereta dan informasi promo yang dapat diakses melalui menu KA Bandara," kata Joni.

Ia menambahkan, tidak hanya untuk layanan terkait angkutan penumpang, KAI Access juga kini memiliki layanan tentang angkutan B

Barang yaitu KAI Logistik Express. Melalui menu KAI Logistik, pelanggan dapat mengecek tarif pengiriman, tracking pengiriman, dan informasi lokasi outlet KAI Logistik Express.

Joni mengatakan, inovasi ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital perusahaan. Harapannya, integrasi layanan KAI Group ini akan mempermudah pelanggan dalam mendapatkan berbagai layanan dengan cukup pada satu aplikasi.

"Ini untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan agar mendapatkan tiket kereta api dengan harga yang lebih murah, serta fitur lainnya seperti pembatalan dan reschedule online, e-boarding pass, dan berbagai layanan KAI group lainnya," pungkas dia.

Sebagai informasi, aplikasi KAI Access diluncurkan KAI sejak 2014 yang hingga November 2021 telah memiliki 5,75 juta pengguna. KAI juga baru-baru ini meluncurkan layanan uang elektronik yakni KAIPay yang kini sudah ada 38.232 pengguna yang melakukan aktivasi.

Baca juga: Dalam 15 Tahun, Kemenhub Sudah Bangun 1.937 Km Jalur Kereta Api

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com