Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina NRE Targetkan Kapasitas Terpasang Pembangkit Ramah Lingkungan 3,2 GW

Kompas.com - 26/11/2021, 18:41 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertamina subholding Power & NRE (Pertamina NRE) menargetkan kapasitas terpasang pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi bersih mencapai 3,2 GW pada tahun 2022.

Kapasitas tersebut dikontribusikan dari gas to power, geothermal, dan energi baru terbarukan (EBT).

Kapasitas tersebut meningkat 61 persen dari target tahun 2021. Target tersebut terdiri dari 1,8 GW gas to power, 908 MW geothermal, dan 480 MW EBT.

“Pertamina NRE mengejar pertumbuhan untuk mencapai aspirasi 10 GW pada tahun 2026. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, pengembangan bisnis dan investasi dilakukan melalui optimalisasi peluang di internal maupun eksternal Pertamina,” jelas Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi dalam penjelasannya, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Pertamina NRE Pasang PLTS 127,5 KWp di Gedung Pertamina International Shipping

Dicky menambahkan bahwa internal Pertamina menjadi sasaran utama dalam rangka memenuhi komitmen Pertamina menurunkan emisi karbon sebesar 30 persen pada tahun 2030.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh mengimplementasikan aspek environment, social, dan governance (ESG), Pertamina merasa bertanggungjawab untuk melakukan transisi energi dengan fokus utama adalah ‘halaman sendiri’.

Potensi kapasitas untuk beralih ke penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di internal Pertamina mencapai 500 MW setidaknya hingga 2 tahun ke depan.

Salah satu proyek penyediaan PLTS internal Pertamina antara lain di wilayah kerja Rokan yang potensinya mencapai 200 MWp, di mana sebesar 40 MWp ditargetkan akan beroperasi di tahun 2022.

Baca juga: Pertamina Sudah Pasang PLTS di 99 SPBU

 

Proyek PLTS internal Pertamina lainnya di tahun 2022 antara lain di Terminal BBM Tanjung Uban, Terminal BBM Pulau Sambu, dan Terminal LPG Tanjung Sekong yang potensi kapasitasnya mencapai 5 MWp serta 8 MWh battery energy storage system (BESS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com