[POPULER MONEY] Tambang Emas Terbesar di Asia Tenggara | Sirkuit Mandalika Siap Untuk MotoGP dan F1

Kompas.com - 27/11/2021, 06:53 WIB
Penampakan Blok Araren yang merupakan blok terbesar di tambang emas Toka Tindung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang dikelola PT Archi Indonesia Tbk (ARCI). KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULYPenampakan Blok Araren yang merupakan blok terbesar di tambang emas Toka Tindung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang dikelola PT Archi Indonesia Tbk (ARCI).

JAKARTA, KOMPAS.comTambang emas Toka Tindung di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara merupakan  tambang emas terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Tambang ini dikelola oleh PT Archi Indonesia Tbk (ARCI), yang merupakan bagian dari PT Rajawali Corporation, perusahaan milik pengusaha Peter Sondakh.

Perusahaan yang baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 28 Juni 2021 lalu itu, menargetkan bisa menggarap bisnis emasnya dari hulu hingga hilir.

Baca juga: Mengenal Jiaozi, Uang Kertas Pertama di Dunia

Banyak pembaca yang penasaran dengan tambang emas Toka Tidung sehingga menduduki puncak berita terpopuler Money hari ini, Sabtu (27/11/2021).

Selain itu, Kompas.com juga merangkum berita populer lainnya yang sayang Anda lewatkan.

1. Menengok Tambang Emas Archi di Manado, Terbesar di Asia Tenggara

Tambang emas Toka Tindung di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara terus berkembang seiring dengan potensi temuan cadangan bijih (reserve) di lokasi tersebut. Tambang emas terbesar di kawasan Asia Tenggara ini dikelola oleh PT Archi Indonesia Tbk (ARCI).

Archi merupakan bagian dari PT Rajawali Corporation, perusahaan milik pengusaha Peter Sondakh. Archi mengelola Tambang Emas Toka Tindung melalui anak usahanya, PT Meares Soputan Mining dan PT Tambang Tondano Nusajaya.

Perusahaan yang baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 28 Juni 2021 lalu itu, menargetkan bisa menggarap bisnis emasnya dari hulu hingga hilir. Mulai dari kegiatan eksplorasi, kontraktor penambangan, pabrik pengolahan, permunian, hingga produk logam emas batangan.

Baca selengkapnya di sini

2. Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP dan F1

Infrastuktur di kawasan Sirkuit Mandalika di Lombok, Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menggelar balapan bertaraf internasional seperti Formula 1 (F1) maupun MotoGP.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.