Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Copywriter serta Tugas dan Tanggung Jawabnya?

Kompas.com - 27/11/2021, 07:15 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anda pasti familiar dengan profesi copywriter, terutama bila Anda sedang berburu lamaran kerja.

Permintaan akan profesi ini kian meningkat di tengah perkembangan bisnis digital. Kini, permintaan perusahaan akan profesi copywriter pun kian meningkat.

Profesi copywriter sebenarnya tak hanya dibutuhkan di industri digital atau kreatif saja, namun di beragam lini bisnis lain.

Apa penyebabnya?

Copywriter adalah salah satu kunci dalam strategi marketing atau pemasaran. Peran copywriter sangat penting untuk mengenalkan produk baik barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan untuk target pasarnya.

Baca juga: Cerita Mantan Driver Ojol yang Kini Membuka Lapangan Pekerjaan

Namun sebenarnya, apa itu copywriter, kemudian apa pekerjaan copywriter?
Lebih lanjut mengenai hal tersebut, Anda bisa menyimak hal artikel berikut.

Apa itu Copywriter?

Dilansir dari LinkedIn, copywriter adalah pekerja yang bekerja untuk agensi, baik itu agensi pemasaran atau agensi iklan, atau secara langsung bekerja untuk organisasi, perusahaan, atau bahkan pemerintah.

Dilansir dari The Balance Careers, copywriter bertugas menulis atau mengolah konten dengan tujuan mengajak calin konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang diiklankan.

Misalnya saja, seorang copywriter memiliki tugas untuk menulis jingle atas sebuah produk baru, atau mencetuskan slogan-slogan perusahaan yang menarik dan mudah diingat masyarakat.

Biasanya, di agensi iklan, copywriter bekerja untuk divisi kreatif. Ia mengolah kata dan kalimat untuk membentuk solgan yang bakal menggerakkan sebuah iklan.

Beberapa contoh slogan hasil kerja copywriter yang sangat terkenal hingga saat ini misalnya 'Just Do It' yang merupakan slogan produsen pakian olah raga Nike, serta 'The Ultimate Driving Machine' yang merupakan slogan BMW.

Baca juga: Apa Itu Copywriting: Definisi, Tugas, Jenis, dan Contohnya

Tugas dan Tanggung Jawab Copywriter

Pekerjaan copywriter bisa dibilang memang tak seglamor seorang bankir atau pekerja di bidang korporat lain.

Namun demikian, tugas dan tanggung jawab seorang copywriter sangat penting untuk memberikan dampak pada target pasar sebuah perusahaan, sekaligus untuk membangun reputasi serta wajah perusahaan.

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab copywriter yang perlu Anda tahu:

  • Menulis konten sosial media: seorang copywriter harus bisa memproduksi konten yang menunjukkan atau merefleksikan wajah dari sebuah brand atau merek.
  • Kolaborasi: seorang copywriter harus bisa bekerja dengan banyak pihak, mulai dari PR, marketing, hingga customer service.
  • Memproduksi konten dengan tingkat kesalahan nol: oleh karena konten yang diciptakan seorang copywriter berfungsi sebagai representasi perusahaan, maka konten tersebut harus berkualitas tinggi serta seiring dengan gaya perusahaan yang ia wakili.
  • Menginterpretasikan ide-ide kreatif: copywriter harus mampu mengadaptasi poin-poin dari pihak kreatif menjadi konten persuasif.
  • Mengelola beberapa proyek sekaligus: biasanya, copywriter memegang beberapa proyek sekaligus dengan tenggat waktu yang cenderung singkat.
  • Mengajukan konsep untuk konten: seorang copywriter harus mampu menampilkan konsep konten dan strategi produksi konten kepada petinggi perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Altcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com