Di Kompasianival 2021 Gita Wirjawan Berikan Catatan agar Ekonomi dan UMKM Membaik

Kompas.com - 27/11/2021, 19:25 WIB
Gita Wirjawan sebagai Keynote Speaker di Kompasianival 2021 Gita Wirjawan sebagai Keynote Speaker di Kompasianival 2021

KOMPASIANA---Menteri Perdagangan RI (2011-2014) sekaligus pendidik dan entrepreneur Gita Wirjawan memberikan catatan agar ekonomi dan UMKM dalam negeri membaik pada 2022.

Catatan tersebut disampaikan Gita pada penyelengaraan Kompasianival 2021, Sabtu (27/11), secara virtual.

Gita mengatakan ia optimis ekonomi dalam konteks mikro UMKM pada 2022 pemulihannya lebih komprehensif lantaran rantai pasok di mancanegara dan pemulihan daya beli yang lebih besar.

"Tetapi kita juga harus peka dengan kemungkinan terjadinya mutasi dan variasi virus Covid-19 yang sudah terdampak terhadap kita. Selama kita bisa menyikapi, menyimak informasi dan kebijakan secara bijaksana semakin kita bisa maju ke depan secara bijaksana," katanya.

Optimisme tersebut, dikatakan Gita, harus diiringi dengan prinsip kehati-hatian. Sebab itu akan mewarnai pertumbuhan ekonomi ke depan.

Selain itu Gita juga menilai peran content creator dalam membangun para pengusaha mikro UMKM agar bisa lebih maju secara bijaksana.

Menurut dia content creator punya peran penting untuk terus melakukan edukasi lewat content creation dan memberikan wawasan yang lebih luas.

"Jadi ke depan ini merupakan peran content creator bagaimana mereka bisa memberikan optimisme bahwasanya ke depan masih cerah sekali prospect yang bisa diraih. Tentunya itu perlu ditopang dengan pendidikan yang cukup komprehensif dan cukup kaya agar kita bisa memberdayakan disrupsi-disrupsi yang sudah terjadi dan akan terjadi" ujarnya.

Kompasianival sendiri merupakan ajang kopi darat terbesar di Indonesia bagi para kreator konten dan komunitas. Tahun ini Kompasianival 2021 mengusung tema "Optimis Melangkah".

COO Kompasiana, Nurulloh mengatakan melalui tema ini Kompasiana ingin membangun kembali optimisme di segala hal dalam melangkah masa mendatang, mengingat tingginya persaingan kerja, digitalisasi, kontestasi politik, isu kesehatan, dan tantangan-tantangan lainnya.

"Selama pandemi, seperti kita rasakan bersama, segalanya serba sulit, bukan hanya berdampak pada fisik semata tetapi mental tiap individu juga kena dampaknya. Sesuai dengan tema, melalui Kompasianival 2021 ini kami ingin membangun kembali optimisme di segala hal dalam melangkah masa mendatang. Kembali punya semangat dalam melakukan segala kegiatan," sebutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.