Perdagangan Internasional: Definisi, Dampak, Jenis, dan Manfaat

Kompas.com - 28/11/2021, 14:11 WIB
Perdagangan internasional adalah perdagangan lintas batas negara. Kontributor Nunukan, SukocoPerdagangan internasional adalah perdagangan lintas batas negara.

KOMPAS.com - Perdagangan internasional adalah hal yang tak bisa dihindari. Ini karena pada dasarnya tak ada satu pun negara yang sanggup memenuhi semua kebutuhan penduduknya sendiri, sehingga perdagangan internasional adalah keniscayaan. 

Lazimnya, perdagangan internasional adalah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara akan barang atau jasa yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri karena faktor-faktor tertentu.

Perdagangan internasional adalah

Dikutip dari Investopedia, perdagangan internasional adalah memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar mereka dan mengakses barang dan jasa yang mungkin tidak tersedia di dalam negeri. 

Sebagai hasil dari perdagangan internasional adalah pasar menjadi lebih kompetitif. Hal ini pada akhirnya menghasilkan harga yang lebih kompetitif dan bisa menjual produk yang lebih murah ke konsumen.

Baca juga: Hambatan-hambatan dalam Perdagangan Internasional

Memahami ekspor impor

Dikutip dari bahan belajar IPS di laman Kemdikbud, perdagangan internasional adalah aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lainnya atas dasar kesepakatan bersama.

Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut ekspor. Sebaliknya, aktivitas menjual barang dari luar negeri ke dalam negeri disebut impor. 

Dalam istilah perdagangan internasional adalah produk yang dijual ke pasar global disebut ekspor, dan produk yang dibeli dari pasar global disebut impor. 

Contoh perdagangan internasional adalah impor beras Indonesia dari VietnamANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/18 Contoh perdagangan internasional adalah impor beras Indonesia dari Vietnam

Impor dan ekspor dicatat di bagian transaksi berjalan di neraca pembayaran suatu negara. Perdagangan global memungkinkan negara-negara kaya untuk menggunakan sumber daya seperti tenaga kerja, teknologi, atau modal dengan lebih efisien. 

Baca juga: Dampak Negatif Perdagangan Internasional dan Langkah Mengatasinya

Sementara negara lain bisa jadi diberkahi dengan sumber daya alam yang melimpah namun tidak bisa mengolahnya. Semakin maju negara, semakin efisien pula mereka memproduksi barang. 

Oleh karena itu, dalam perdagangan internasional, mereka mungkin menjualnya lebih murah daripada negara lain. Itulah salah satu prinsip dalam perdagangan internasional. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.