UX Writer: Definisi, Keahlian, dan Latar Belakang Pendidikan

Kompas.com - 28/11/2021, 18:52 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - User Experience Writer atau UX Writer adalah profesi yang bekerja untuk menulis copy untuk aplikasi, website, atau produk digital lainnya.

Dilansir dari careerfoundry.com, copy atau tulisan yang dibuat oleh seorang UX Writer bertujuan untuk membantu pengguna menavigasi atau menggunakan aplikasi atau produk digital lain tersebut.

Para UX Writer ini memiliki tugas untuk merangkai kata-kata yang akan ditempatkan di menu, tombol, label, hingga chatbot pada sebuah aplikasi sehingga dipahami oleh pengguna.

Dengan demikian, kata-kata yang dibuat oleh seorang UX Writer sebisa mungkin mudah dipahami oleh sasaran pengguna dari aplikasi atau produk digital yang dikembangkan.

Untuk lebih jauh mengenal mengenai apa itu UX Writer, keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang UX Writer, serta latar belakang pendidikan UX Writer, Anda bisa menyimak artikel berikut.

Baca juga: Ini 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Tahun 2021

Apa Itu UX Writer?

Bagi Anda yang belum familiar dengan profesi yang berkembang di era digital ini, tulisan-tulisan pendek berupa rangkaian kata yang dibuat oleh para UX Writer disebut dengan microcopy.

Seorang UX Writer yang baik akan membuat microcopy yang bisa membuat kata-kata yang intuitif bagi pengguna, serta sesuai dengan nilai-nilai yang disuarakan oleh produk atau merek yang bersangkutan.

Di sisi lain, seorang UX Writer juga harus bisa membuat kata-kata yang mudah dipahami oleh semua orang, termasuk untuk orang-orang dengan kemampua, usia, identitas gender, serta latar belakang yang berbeda.

Secara sederhana, UX Writer adalah bagian dari UX design. Hal ini sama halnya seperti UI designer yang merupakan bagian dari UX design dengan fokus mengolah grafis sebuah aplikasi.

Lalu, bagaimana latar belakang pendidikan seorang UX Writer?

Baca juga: Catat, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.