Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2021, 18:54 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Perdagangan internasional adalah salah satu kegiatan ekonomi. Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan antar-negara. Lalu apa sebenarnya pengertian perdagangan internasional?

Pengertian perdagangan internasional

Dikutip dari laman sumber.belajar.kemendikbud.go.id, pengertian perdagangan internasional adalah suatu kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang didasarkan atas kehendak sukarela yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor.

Sementara dikutip dari buku Perdagangan Internasional (2018) karya Wahono Diphayana, pengertian perdagangan internasional juga dapat didefinisikan sebagai transaksi bisnis antara pihak-pihak dari lebih satu negara.

Baca juga: Hambatan-hambatan dalam Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara akan barang atau jasa yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri karena faktor-faktor tertentu.

Jenis perdagangan internasional

Berdasarkan negara partisipannya, pengertian perdagangan internasional dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

1. Perdagangan bilateral

Perdagangan bilateral merupakan sistem perdagangan yang dilakukan oleh dua negara dengan menyepakati perjanjian dagang untuk mencapai tujuan ekonomi yang diharapkan.

2. Perdagangan multilateral

Pengertian perdagangan internasional lingkup multilateral merupakan sistem perdagangan yang dilakukan oleh beberapa negara tanpa terikat batasan wilayah sehingga memiliki cakupan dagang yang lebih luas. Perdagangan multilateral dinilai lebih adil, transparan, dan efektif dalam mencapai tujuan ekonomi.

3. Perdagangan regional

Pengertian perdagangan internasional lingkup regional adalah sistem dagang yang dilakukan beberapa negara dalam satu kawasan yang sama. Sebagai contoh, hubungan dagang antara anggota ASEAN.

Kerja sama dalam kawasan regional diharapkan memberi peluang bisnis tumbuh lebih baik dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi regional tersebut.

Baca juga: Perdagangan Internasional: Definisi Ekspor Impor dan Faktor Pendorong

Pengertian Perdagangan InternasionalKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengertian Perdagangan Internasional

Manfaat perdagangan internasional

Manfaat perdagangan internasional atau dampak positif dari perdagangan internasional adalah sebagai berikut:

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi
  • Menambah devisa lewat ekspor
  • Mencukupi kebutuhan dalam negeri dengan impor
  • Membuka lapangan kerja
  • Terciptanya efisiensi dan spesialisasi
  • Transfer teknologi
  • Stabilisasi harga
  • Mempererat hubungan kerja sama antar-negara

Pengertian perdagangan internasional bisa dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan warga negara lain, individu-individu berlainan negara, individu dengan pemerintah negara lain, atau pemerintah satu negara dengan negara lain.

Meski kerja sama perdagangan internasional bisa memberikan banyak manfaat bagi negara, namun juga bisa berdampak negatif antara lain barang produksi dalam negeri yang kalah bersaing dan ketergantungan pada impor.

Kemudian salah satu hambatan perdagangan internasional adalah regulasi atau peraturan pemerintah yang membatasi perdagangan bebas. Tujuan pemerintah menerapkan kebijakan ini adalah untuk melindungi produk dalam negeri.

Itulah beberapa informasi untuk menjawab pertanyaan pengertian perdagangan internasional, jelaskan pengertian perdagangan internasional, dan tuliskan pengertian perdagangan internasional. Simak informasi selengkapnya di tautan berikut ini. 

Simak pengertian Perdagangan InternasionalKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Simak pengertian Perdagangan Internasional

Baca juga: Cakupan Keunggulan yang Dimiliki Indonesia di Perdagangan Internasional

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com