BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Taco Bell

Perluas Jangkauan Pasar, Taco Bell Indonesia Buka Gerai Kedua di Kawasan PIK

Kompas.com - 29/11/2021, 10:22 WIB
Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Erick Leong di peresmian gerai kedua Taco Bell yang terletak di kawasan PIK. (Dok. Taco Bell)Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Erick Leong di peresmian gerai kedua Taco Bell yang terletak di kawasan PIK.

JAKARTA, KOMPAS.com“Tacos are like what the voices of a hundred angels singing Bob Dylan while sitting on rainbows and playing banjos. It would taste like if that sound were edible”.

Begitulah cara seorang penulis asal Amerika Serikat (AS), Isabel Quintero, saat mengungkapkan betapa lezatnya makanan khas Meksiko, taco.

Untuk diketahui, taco adalah makanan tradisional dari kulit tortila yang dilengkapi dengan sayuran, daging, dan saus. Selain di negeri asalnya, taco merupakan salah satu makanan yang paling digemari di AS.

Melihat peluang tersebut, seorang pengusaha lokal, yakni Glen William Bell memutuskan untuk membuka restoran bernama Taco Bell pada 1962. Restoran tersebut meramu menu-menu yang terinspirasi dari cita rasa taco dan hidangan Meksiko lainnya.

Keputusan Bell itu tepat. Pasalnya, Taco Bell mampu berkembang secara masif hingga jadi perusahaan waralaba yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Diberitakan Kompas.com, Senin (21/12/2020), keberhasilan Taco Bell dalam menjaring pelanggan di seluruh dunia tak lepas dari keberanian mereka dalam berinovasi untuk terus menciptakan berbagai makanan dengan cita rasa unik.

Wakil Presiden Taco Bell Insights Lab Melissa Friebe mengatakan, inovasi produk mereka disesuaikan dengan permintaan konsumen.

Artinya, Taco Bell tidak sekadar membuat gebrakan di dunia kuliner. Sebaliknya, Taco Bell juga berusaha memastikan inovasi menu yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan dan selera pelanggan.

Inovasi seperti itu dihadirkan Taco Bell untuk pasar Indonesia. Sebagai informasi, Taco Bell pertama kali hadir di Indonesia pada 2020 dengan membuka gerai yang berada di wilayah Senopati, Jakarta Selatan. Gerai tersebut dihadirkan oleh PT Fast Food Indonesia sebagai pemegang lisensi Taco Bell di Indonesia.

Sama seperti di negara asalnya, Taco Bell di Indonesia menawarkan berbagai variasi makanan yang terinspirasi dari Meksiko.

Taco Bell Indonesia memiliki 21 pilihan makanan, delapan jenis snack, serta empat snack sharing platter. Beberapa menu yang menjadi andalan di antaranya adalah Taco Supreme, Crunchwrap Supreme, Quesadilla, Burrito, dan Nachos. Selain itu, terdapat sejumlah menu yang khusus dibuat untuk pasar Indonesia.

Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Eric Leong mengatakan, keberadaan gerai pertama Taco Bell di Indonesia mampu mengundang antusiasme besar dari masyarakat, terutama dari kalangan milenial dan generasi Z.

Melihat kesuksesan tersebut, pihaknya pun memutuskan untuk memperluas jangkauan pasar dengan membuka gerai baru. Taco Bell secara resmi membuka cabang kedua yang terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

“Peresmian gerai Taco Bell yang kedua di PIK menjadi salah satu titik penting dalam rencana bisnis Taco Bell di Indonesia ataupun di Kawasan Asia Pasifik. Hal itu menandai bahwa Taco Bell mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat,” ujar Eric dalam konferensi pers yang diadakan di gerai kedua Taco Bell, Sabtu (27/11/2021).

PIK sebagai salah satu ikon wisata kuliner

Erick menambahkan, PIK dipilih sebagai lokasi gerai kedua lantaran kawasan tersebut merupakan salah satu ikon wisata kuliner di Jakarta. Kalangan anak muda yang menjadi target pasar Taco Bell juga juga gemar berkunjung ke lokasi tersebut.

Oleh karena itu, keberadaan gerai terbaru di PIK diharapkan dapat memperluas jangkauan bisnis dari Fast Food Indonesia dan Taco Bell Indonesia dengan baik.

Peresmian gerai kedua Taco Bell di kawasan PIK.(Dok. KOMPAS.com/Erlangga satya) Peresmian gerai kedua Taco Bell di kawasan PIK.

“Keberadaan gerai ini juga penting buat kami karena merupakan gerai ke-200 yang ada di kawasan Asia Pasifik,” jelas Eric.

Gerai baru tersebut, lanjut Eric, hadir dengan mengusung konsep “Live Mas” yang memiliki arti “Lebih Hidup”.

Melalui konsep tersebut Taco Bell PIK hadir dengan suasana penuh semangat, autentik, dan menyenangkan sehingga berbeda dari restoran cepat saji lainnya.

“Gerai ini dirancang dengan konsep modern dan artistik agar konsumen dapat merasakan pengalaman menyenangkan dalam bersantap. Dengan begitu, hal itu semakin mendekatkan Taco Bell kepada target pasarnya, yaitu kalangan anak muda atau generasi Z yang gemar berekspresi dan suka mencoba hal-hal yang baru,” ucapnya.

Berbeda dengan gerai sebelumnya

Taco Bell PIK terasa spesial lantaran memiliki kelebihan lain dibandingkan gerai yang terdapat di Senopati.

Chief Marketing Officer PT Fast Food Indonesia Hendra Yuniarto mengatakan, perbedaan tersebut terletak pada ketersediaan fasilitas drive thru.

“Kami hadirkan fasilitas ini untuk menunjang fleksibilitas konsumen. Karena banyak yang meminta fasilitas drive thru ini dihadirkan, jadi kami aplikasikan pada gerai yang ada di PIK ini,” kata Hendra.

Ke depan, tambah Hendra, pihaknya secara bertahap akan membuka gerai Taco Bell di seluruh Indonesia. Meski begitu, hal tersebut tak akan dilakukan secara terburu-buru.

“Saat ini fokus utama kami memenuhi dan memperkenalkan dulu brand Taco Bell kepada masyarakat Indonesia. Maka dari itu, kami akan lakukan secara perlahan. Kami juga tak terburu-buru untuk segera mengeluarkan produk baru,” jelasnya.

Hendra berharap, Taco Bell PIK mampu menjadi ikon restoran fast food yang ada di kawasan tersebut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.