Peluang Bisnis Makanan Diprediksi Tumbuh, Bogasari Dorong Anak Muda Jadi Foodpreneur

Kompas.com - 29/11/2021, 12:52 WIB
Ilustrasi roti Unsplash/Brands PeopleIlustrasi roti

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang merupakan Grup Bogasari produsen tepung terigu terintegrasi mengajak pelaku UMKM, industri kuliner, dan generasi muda untuk mengembangkan potensi di bidang kuliner.

Adapun program tersebut bernama Virtual Bogasari Expo (Bogex) dengan tema ‘Unleash The Bikiners’ yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah dan akan berlangsung mulai bulan Desember 2021 hingga Maret 2022.

Baca juga: Viral Kasus Frozen Food, Seberapa Gurih Bisnis Makanan Beku?

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan Kepala Grup Bogasari, Franciscus Welirang mengatakan, melalui program ini ditargetkan para peserta dapat bisa membuat kreasi baru out of the box dalam hal masakan rumah maupun usaha berbahan dasar terigu.

“Kami melihat usaha makanan berbahan dasar terigu tumbuh pesat dengan didukung kehadiran transformasi digital serta besarnya potensi generasi muda. Diharapkan program ini bisa menjadi sarana belajar, meningkatkan keterampilan, mengembangkan potensi, dan menyiapkan diri untuk menjadi generasi yang bisa memajukan industri kuliner kita,” kata Franciscus secara virtual, Senin (29/11/2021).

Fransiscus mengungkapkan, melalui Bogex juga diharapakan mampu memotivasi pelaku UMKM, industri kuliner, dan generasi muda untuk bersama-sama maju menghadapi masa depan yang penuh kesempatan baru, dan menjadi sosok yang mampu menciptakan kreasi luar biasa nikmat dari sesuatu yang sederhana.

Dia menambahkan, dengan potensi yang besar dalam kreasi makanan berbahan terigu, membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan ke depannya.

Baca juga: Lewat Kampanye Ini, SIG Tukarkan Unggahan Netizen Jadi Paket Sembako dan Makanan Siap Saji

 

Program ini juga diharapkan mampu menciptakan entrepreneur di bidang kuliner yang unik dan inovatif.

Bappenas mencatat, jumlah penduduk usia produktif bisa mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk sekitar 297 juta jiwa pada 2030.

Senior Vice President Marketing Grup Bogasari, Ivo Ariawan mengungkapkan, dengan potensi bonus demografi tersebut diharapkan program ini bisa merangsang kreativitas generasi muda sebagai young foodpreneur di masa datang.

“Kami ingin hadir sebagai bagian dari generasi emas ini serta mendukung mereka dalam membangun industri kuliner kita, tepatnya di kancah global,” jelas Ivo.

Guna mendukung potensi-potensi tersebut, Bogasari menghadirkan serangkaian kegiatan di penghujung tahun dan memasuki awal tahun 2022, seperti lomba Cipta Kreasi Bogasari, Panel Talks, Cooking Class, dan Baking Class serta memberikan penghargaan kepada UMKM kuliner terpilih yang bisa menjadi percontohan bagi masyarakat Indonesia agar sukses membangun UMKM yang berkelanjutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.