Allianz Life Indonesia Incar Potensi Pertumbuhan Minat Asuransi di Masa Pandemi

Kompas.com - 29/11/2021, 14:34 WIB
Ilustrasi asuransi jiwa SHUTTERSTOCKIlustrasi asuransi jiwa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan terhadap produk asuransi di masa pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Hal ini terefleksikan dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukkan adanya tren pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi.

OJK mencatat hingga paruh pertama tahun 2021, tingkat penetrasi asuransi telah mencapai 3,11 persen. Angka ini terus meningkat dari 2,81 persen pada 2019 dan 2,92 persen pada 2020.

Pertumbuhan tingkat penetrasi itu selaras dengan munculnya kesadaran akan produk perlindungan atau proteksi diri di masa pandemi Covid-19. Pandemi dinilai telah mengubah gaya hidup masyarakat, menjadi lebih sadar pentingnya kepemilikan produk asuransi jiwa atau kesehatan.

Baca juga: Genjot Tingkat Literasi Asuransi, Allianz Indonesia Maksimalkan Kanal Digital

"Pandemi ternyata menjadi katalis yang telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan," ujar Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, dikutip Senin (29/11/2021).

Tingginya minat terhadap produk asuransi selama pandemi juga terlihat pada jumlah nasabah Allianz Life yang mengalami kenaikan.

Tercatat jumlah nasaba Allianz Life pada tahun 2020 mengalami pertumbuhan sekitar 5 persen atau meningkat menjadi lebih dari 657.000 nasabah dengan total tertanggung lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Karin mengatakan, dengan semakin tingginya minat dan kebutuhan terhadap produk asuransi, Allianz Life berupaya menciptakan produk yang lebih mudah diakses oleh nasabah. Maksimalisasi kanal digital menjadi tidak terhindarkan untuk merealisasikan upaya tersebut.

"Kami akan terus konsisten dengan mengembangkan dan memaksimalkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata dia.

Dalam pemanfaatan teknologi digital, Allianz mengandalkan platform distribusi asuransi digital dengan berbagai pilihan produk asuransi yang beragam, OptimAll. Melalui platform ini Allianz mencoba memfasilitasi masyarakat untuk memilih dan memiliki produk asuransi, tanpa perlu mendatangi kantor cabang.

Selain itu untuk nasabah Allianz menyediakan beragam layanan yang dapat diakses secara online melalui portal Allianz eAZy Connect. Dengan portal ini nasabah difasilitasi untuk memantau informasi seputar polis secara mandiri tanpa harus menelepon atau mengunjungi kantor Allianz.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.