Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Life Indonesia Incar Potensi Pertumbuhan Minat Asuransi di Masa Pandemi

Kompas.com - 29/11/2021, 14:34 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan terhadap produk asuransi di masa pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Hal ini terefleksikan dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukkan adanya tren pertumbuhan tingkat penetrasi asuransi.

OJK mencatat hingga paruh pertama tahun 2021, tingkat penetrasi asuransi telah mencapai 3,11 persen. Angka ini terus meningkat dari 2,81 persen pada 2019 dan 2,92 persen pada 2020.

Pertumbuhan tingkat penetrasi itu selaras dengan munculnya kesadaran akan produk perlindungan atau proteksi diri di masa pandemi Covid-19. Pandemi dinilai telah mengubah gaya hidup masyarakat, menjadi lebih sadar pentingnya kepemilikan produk asuransi jiwa atau kesehatan.

Baca juga: Genjot Tingkat Literasi Asuransi, Allianz Indonesia Maksimalkan Kanal Digital

"Pandemi ternyata menjadi katalis yang telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan," ujar Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, dikutip Senin (29/11/2021).

Tingginya minat terhadap produk asuransi selama pandemi juga terlihat pada jumlah nasabah Allianz Life yang mengalami kenaikan.

Tercatat jumlah nasaba Allianz Life pada tahun 2020 mengalami pertumbuhan sekitar 5 persen atau meningkat menjadi lebih dari 657.000 nasabah dengan total tertanggung lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Karin mengatakan, dengan semakin tingginya minat dan kebutuhan terhadap produk asuransi, Allianz Life berupaya menciptakan produk yang lebih mudah diakses oleh nasabah. Maksimalisasi kanal digital menjadi tidak terhindarkan untuk merealisasikan upaya tersebut.

"Kami akan terus konsisten dengan mengembangkan dan memaksimalkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata dia.

Dalam pemanfaatan teknologi digital, Allianz mengandalkan platform distribusi asuransi digital dengan berbagai pilihan produk asuransi yang beragam, OptimAll. Melalui platform ini Allianz mencoba memfasilitasi masyarakat untuk memilih dan memiliki produk asuransi, tanpa perlu mendatangi kantor cabang.

Selain itu untuk nasabah Allianz menyediakan beragam layanan yang dapat diakses secara online melalui portal Allianz eAZy Connect. Dengan portal ini nasabah difasilitasi untuk memantau informasi seputar polis secara mandiri tanpa harus menelepon atau mengunjungi kantor Allianz.

Untuk produk asuransi yang ditawarkan, Karin menyebutkan, perusahaan tetap fokus menawarkan ragam produk, mulai dari asuransi umum, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi jiwa terkait investasi (unit link) juga Asuransi kerugian seperti travel, kendaraan maupun properti.

Baca juga: Dana Kelolaan Allianz Life Naik Jadi Rp 42,7 Triliun

Kemudian, untuk mendukung komitmen perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia, Allianz juga telah meluncurkan produk “Proteksi Mikro Santunan Duka” dengan premi terjangkau mulai dari Rp 1.500 per bulannya dengan santunan kematian hingga Rp 20 juta, khusus untuk komunitas beranggotakan minimum 20 orang.

"Pandemi adalah situasi yang tak pernah diprediksi sebelumnya dan mampu mengubah banyak hal dalam kehidupan," ucap Karin.

Sebagai informasi, pemanfaatan platform digital turut mendongkrak kinerja Allianz Life Indonesia. Hal ini tercermin dari pendapatan premi kotor Allianz Life Indonesia yang mencapai Rp 16,9 triliun pada 2020, naik 27,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com