Kompas.com - 29/11/2021, 15:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir jadi anggota Banser NU Screenshot Instagram Erick ThohirMenteri BUMN Erick Thohir jadi anggota Banser NU

KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali jadi sorotan publik seusai muncul kabar bahwa ia bergabung menjadi anggota Banser atau Barisan Ansor Serbaguna.

Mantan bos Inter Milan itu secara resmi menjadi anggota kehormatan Banser. Bahkan untuk masuk keanggotaan organisasi sayap NU itu, ia sampai rela berjalan jongkok dan berjalan merangkak dalam rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar sebagai syarat menjadi anggota.

Melalui akun instagram pribadinya, Erick Thohir juga membagikan unggahan video maupun foto saat dirinya mengikuti diklatsar di Sekolah Citra Alam, Jakarta Selatan itu. 

Di sisi lain, tak sedikit pula publik yang menilai sumbang kalau aksi Erick Thohir tersebut sebagai bagian dari jalan menuju kontestasi Pilpres 2024.

Baca juga: Daftar 9 Pentolan NU yang Jadi Komisaris BUMN

Usai dilantik menjadi anggota kehormatan Banser, Erick Thohir mengatakan selama ini Banser telah berkomitmen jihad untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Organisasi itu juga dinilai menjunjung tinggi keberagaman dan perbedaan yang menjadi kekuatan bagi Indonesia.

Kedekatan Erick dan Banser 

Kedekatan Erick Thohir dan Banser sendiri sebenarnya bukan hal baru. Organisasi pimpinan Yaqut Cholil Qoumas itu sebelumnya sudah berkolaborasi melaksanakan kegiatan dari Kementerian BUMN. 

Erick Thohir menunjuk Banser sebagai mitra pendamping pada program Pemberdayaan UMKM yang digelar Kementerian BUMN. Program ini dilakukan secara nasional dengan memberdayakan cabang dan ranting organisasi sayap NU di berbagai pelosok daerah.

Dikutip dari laman resmi Kemenag, program ini merupakan pendampingan dan pengembangan kewirausahaan pemuda Indonesia di bawah naungan Pemuda Ansor. 

Baca juga: Stafsus Erick Thohir Sindir Ahok: Komut Merasa Dirut Itu Jangan, Harus Tahu Batasan

Program ini juga akan mengenalkan dan ikut memasarkan produk-produk UMKM GP Ansor di Indonesia melalui sebuah aplikasi Sobat Bayar. GP Ansor tak lain adalah induk yang menaungi Banser di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program ini diharapkan dapat membangun ekosistem yang sebesar-besarnya bersama rakyat melalui UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian umat, termasuk kemandirian pesantren. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.