Ini Tips Transaksi Online yang Aman, Cara Aman Transfer Belanja Online

Kompas.com - 29/11/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi transaksi online financial expressIlustrasi transaksi online


JAKARTA, KOMPAS.com - Apa saja yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi online? Bagaimana cara untuk tidak tertipu dengan online shop?

Pertanyaan semacam ini kerap bermunculan di kalangan pembaca terkait cara aman transaksi digital. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan tips transaksi online yang aman.

Artikel ini akan membantu pembaca untuk menjawab sederet pertanyaan tersebut dengan memberikan tips aman transaksi online, termasuk cara aman transfer belanja online.

Baca juga: 4 Tips Mengelola Cashflow Setelah Gajian

Tips belanja online agar tidak kecewa ini disampaikan oleh Xendit, perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran digital untuk bisnis di Indonesia.

Dalam keterangan resminya, Xendit melihat akselerasi adopsi platform digital, terutama untuk jual-beli online. Pada Oktober 2021, terdapat peningkatan pengguna layanan internet yang mencapai 202,6 juta orang per Januari 2021.

Fakta tersebut berasal dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Di samping itu, pengguna layanan digital di Indonesia juga mengalami pertumbuhan sebesar 37 persen selama pandemi Covid-19.

Perkembangan pesat pada sektor ini juga diikuti dengan beberapa konsekuensi, seperti maraknya penipuan pembeli, kebocoran data sensitif, atau lebih dikenal dengan istilah cyber-crime.

Karena itu, penting mempertimbangkan tips transaksi online yang aman. Betapa tidak, berdasarkan survei Cybersecurity Exposure Index (ICE) di tahun 2020, indeks kejahatan siber di Indonesia saat ini mencapai 0,62.

Nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata global yang berkisar 0,54. Ini mencerminkan bahwa saat ini cara aman transaksi digital semakin dibutuhkan.

Baca juga: Tiga Tips agar Terhindar dari Penipuan yang Mengatasnamakan Bank

Hal ini menjadi catatan penting bagi para pelaku bisnis, perbankan, dan industri finansial untuk meningkatkan keamanan siber, terutama terkait cara aman transfer belanja online.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.