Mengenal Transfer SKN serta Bedanya dengan RTGS dan Real Time Online

Kompas.com - 01/12/2021, 12:40 WIB
Apa itu SKN atau transfer SKN? Transfer SKN adalah metode transfer antarbank yang memakan waktu paling lama. Shutterstock.comApa itu SKN atau transfer SKN? Transfer SKN adalah metode transfer antarbank yang memakan waktu paling lama.
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - SKN adalah istilah yang sudah tak asing lagi yang biasa menggunakan layanan perbankan. SKN adalah singkatan dari Sistem Kliring Nasional. Apa itu SKN?

Tidak semua nasabah bank memahami perbedaan metode transfer antarbank. Selain menggunakan transfer SKN, skema transfer lainnya yang biasa digunakan adalah Real Time Gross Settlement (RTGS), dan real time online. 

SKN adalah salah satu metode transfer

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, transfer SKN adalah infrastruktur yang digunakan oleh Bank Indonesia dalam Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal untuk memroses data keuangan elektronik pada layanan transfer dana, layanan kliring warkat debit, layanan pembayaran reguler, dan layanan penagihan regular.

Transfer SKN adalah metode transfer antarbank yang memakan waktu paling lama. Dengan metode SKN ini uang yang dikirimkan baru sampai ke penerima dalam waktu dua hingga tiga hari.

Baca juga: Apa Itu UKM dan Bagaimana Klasifikasi?

Pasalnya, pihak bank perlu melakukan proses kliring (clearing) terhadap rekening pengirim guna memastikan jumlah uang yang dikirim mencukupi. Proses transfer SKN atau Lalu Lintas Giro (LLG) ini biasanya tergantung jadwal masing-masing bank sehingga waktunya kurang fleksibel.

Alur transfer SKN adalah pihak bank pengirim wajib lapor dan mengirimkan uang ke Bank Indonesia (BI), kemudian pihak BI akan mengirimkan uangnya ke rekening bank penerima. Hal inilah yang membuat uang yang dikirim via transfer SKN tidak bisa langsung sampai ke penerima karena harus melalui proses bank to bank.

Meski memerlukan waktu lama, biaya admin transfer SKN adalah terbilang paling kecil dibandingkan RTGS dan real time online yaitu Rp 5.000 saja. Selain itu, nominal maksimal transfer dari transfer SKN adalah cukup besar yakni Rp 100 juta per hari.

Apa itu SKN? Transfer SKN adalah salah satu cara transferKompas.com/Luthfia Ayu Azanella Apa itu SKN? Transfer SKN adalah salah satu cara transfer

Transfer lain

1. RTGS (Real Time Gross Settlement)

Berdasarkan situs resmi BI, layanan transfer RTGS ini memproses transaksi pembayaran yang termasuk transaksi bernilai besar yaitu transaksi Rp 100 juta ke atas dan bersifat segera.

Baca juga: Apa Itu PPN: Definisi, Tarif, Pemungut, dan Objek Pajaknya

Penyelesaian transaksi RTGS dilakukan per transaksi secara seketika dan tidak dapat dibatalkan. Penyelesaian real time terbatas pada proses pengiriman transaksi dari peserta pengirim kepada BI untuk diteruskan kepada peserta penerima.

Dibanding SKN, transfer dengan RTGS lebih cepat karena bisa diterima di rekening tujuan pada hari itu juga selama dilakukan saat jam dan hari operasional bank. Jika transfer di luar jam dan hari operasional bank maka uang akan dikirim keesokan harinya saat bank beroperasi kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.