Pemerintah Siapkan Rp 11 Triliun untuk Lanjutkan Program Kartu Prakerja di 2022

Kompas.com - 01/12/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja SHUTTERSTOCKIlustrasi Kartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berencana melanjutkan program prioritas di masa pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio N Kacaribu mengungkapkan, pemerintah akan mengalokasikan dana perlindungan sosial sebesar Rp 252,3 triliun, dan 4,3 persen dari dana tersebut digunakan untuk anggaran kartu prakerja.

“Tahun 2022 program kartu prakerja akan terus dilanjutkan, skema pelaksanaannya bersifat semi bantuan sosial. Dari alokasi dana perlindungan sosial sebesar Rp 252,3 triliun, untuk anggaran kartu prakerja sebesar Rp 11 triliun, atau 4,3 persen dari anggaran perlindungan sosial,” jelas Febrio secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Ini Penyebab Status Kepesertaan 86.878 Penerima Kartu Prakerja Dicabut

Febrio mengungkapkan kelanjutan dari program ini dilakukan dan bersifat regular, akan dimulai dengan mempertimbangkan situasi yang semakin kondusif.

Di sisi lain, pemerintah terus berupaya melakukan evaluasi manfaat program dan perbaikan berkelanjutan dengan meningkatkan tata kelola program agar semakin transparan dan akuntabel.

“Peningkatan tata kelola mencakup pengadaan barang/ jasa pemerintah, termasuk verifikasi lembaga pelatihan yang diusulkan, dan mitra pltform digital. Selanjutnya efisiensi program kartu prakerja diikuti dengan modul platihan yang semakin variatif,” tambah dia.

Sebagai informasi, tahun 2020, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk kartu prakerja sebesar Rp 10 triliun dengan target penerima manfaat sebanyak 5,6 juta. Namun, realisasinya melebihi target yakni 5,19 juta dengan total anggaran Rp 13,4 triliun.

Di tahun 2021, alokasi program kartu prakerja mencapai Rp 21,2 triliun yang semula Rp 21,2 triliun dengan target 5,97 juta penerima. Per Oktober 2021, realisasi penerima mencapai 2,7 juta penerima dengan total anggaran Rp 9,4 triliun.

Baca juga: Kritik Bikin Program Kartu Prakerja Jadi Lebih Baik

“Secara akumulatif jumlah penerima program kartu prakerja yang ditetapkan dari awal sampai 30 September 2021 sudah mencapai 12 juta penerima yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, 514 kabupaten kota,” jelas Febrio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.