Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

Kompas.com - 02/12/2021, 09:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar monopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Dalam pasar monopoli adalah biasanya hanya satu produsen yang dapat menetapkan harga produk-produknya.

Dikutip dari The Economic Times, di pasar monopoli, faktor-faktor seperti lisensi pemerintah, kepemilikan sumber daya, hak cipta dan paten, serta biaya awal yang tinggi membuat suatu entitas menjadi penjual tunggal barang.

Dengan kata lain, semua faktor ini membatasi masuknya penjual lain ke pasar. Pasar monopoli juga memiliki beberapa informasi yang tidak diketahui penjual lain.

Karakteristik yang terkait dengan pasar monopoli adalah menjadikan penjual tunggal sebagai pengendali pasar sekaligus sebagai penentu harga. Pasar monopoli menikmati kekuatan menetapkan harga barang-barangnya.

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

Dalam buku Hukum Bisnis (2019) karya Toman Sony Tambunan dan Wilson RG, pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya ada satu perusahaan saja. Perusahaan tersebut menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat, serta keuntungan yang diperoleh melebihi normal.

Ciri-ciri pasar monopoli

Arwin dalam bukunya Pengantar Ekonomi Mikro (2020), menjelaskan ciri-ciri pasar monopoli yang berbeda dengan pasar persaingan sempurna, yaitu:

1. Industri satu perusahaan

Barang atau jasa yang dihasilkan pasar monopoli adalah tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak punya pilihan lain jika ingin membeli produk tersebut. Para pembeli tidak dapat berbuat sesuatu dalam menentukan syarat jual-beli di pasar monopoli.

Baca juga: Apa Itu Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Bagaimana Menghitungnya?

2. Tidak ada barang pengganti yang serupa

Barang yang diperjualbelikan dalam pasar monopoli tidak bisa digantikan dengan barang lain. Salah satu ciri-ciri pasar monopoli adalah barang tersebut menjadi satu-satunya produk dan tidak dapat ditemukan di perusahaan lain yang identik.

Ciri-ciri pasar monopoli yang utama ialah perusahaan lain sulit untuk masuk di industri tersebutNicholas Ryan Aditya Ciri-ciri pasar monopoli yang utama ialah perusahaan lain sulit untuk masuk di industri tersebut

3. Perusahaan lain sulit masuk dalam industri

Keuntungan yang didapat perusahaan pasar monopoli adalah tidak mendorong perusahaan lain untuk ikut dalam industri tersebut, yang disebabkan banyak hambatan yang kuat.

Ciri-ciri pasar monopoli yang satu ini menjadi penyebab utama perusahaan memiliki kekuatan pasar monopoli. Jika ciri-ciri pasar monopoli ini tidak ada, maka banyak perusahaan lain yang masuk dalam industri yang sama dan pasar monopoli adalah tidak ada.

Baca juga: Mengenal Transfer SKN serta Bedanya dengan RTGS dan Real Time Online

4. Perusahaan di pasar monopoli sebagai penentu harga

Hal ini karena perusahaan yang ada di pasar monopoli adalah satu-satunya yang ada di pasar tersebut. Sehingga harga ditentukan secara penuh oleh penjual pasar monopoli.

5. Promosi iklan kurang dibutuhkan.

Perusahaan dalam pasar monopoli menjadi satu-satunya produsen di pasar, maka secara otomatis pembeli akan membeli produknya. Sehingga perusahaan sama sekali tidak membutuhkan iklan untuk promosi. Iklan yang dilakukan, hanya untuk menjaga hubungan dengan masyarakat, bukan bertujuan untuk promosi.

contoh pasar monopoli di Indonesia adalah PLN.Dokumentasi Humas PLN contoh pasar monopoli di Indonesia adalah PLN.

Contoh pasar monopoli

Berikut contoh pasar monopoli yang ada di Indonesia dimana mayoritas berasal dari Badan Milik Negara (BUMN):

  • PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).
  • PT Pertamina.
  • PT Kereta Api Indonesia.
  • PT Pelayaran Nasional Indonesia
  • Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  • Badan Urusan Logistik.

Baca juga: Mengenal Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO dan Tujuan Berdirinya

Demikian penjelasan singkat dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya ada satu perusahaan saja. Ciri-ciri pasar monopoli yang utama ialah perusahaan lain sulit untuk masuk di industri tersebut. Hal ini terlihat pada perusahaan-perusahaan BUMN yang menjadi contoh pasar monopoli yang sudah disebutkan di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com