Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI: Suku Bunga 3,5 Persen Akan Dipertahankan sampai…

Kompas.com - 02/12/2021, 11:04 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berencana untuk mempertahankan kebijakan suku bunga moneter BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang rendah di level 3,5 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, kebijakan tersebut akan terus dipertahankan, sebagai salah satu upaya yang dilakukan bank sentral dalam mendukung stabilitas perekonomian nasional.

“Dengan menyikapi meningkatnya ketidakpastian global, tentu saja kepentingan negeri ini memerlukan stabilitas,” kata dia dalam Bank Indonesia Bersama Masyarakat (BIRAMA) 2021, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: DPR Restui Juda Agung dan Aida S. Budiman sebagai Calon Deputi Gubernur BI

Oleh karenanya, Perry menyebutkan, kebijakan suku bunga di level terendah itu belum akan berubah sampai dengan adanya pergerakan inflasi yang signifikan.

Suku bunga 3,5 persen akan dipertahankan sampai ada tanda-tanda terjadi kenaikan inflasi,” ujarnya.

Asal tahu saja, BI telah mempertahankan suku bunga moneter di level 3,5 persen sejak Februari 2021, selaras dengan pergerakan inflasi yang relatif rendah.

Selain kebijakan tersebut, BI juga tetap mengambil langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar, guna mempertahankan tren pemulihan ekonomi nasional.

“Memastikan likuiditas perbankan akan lebih, meskipun secara bertahap akan menguranginya sedikit-sedikit, dan hati-hati,” kata Perry.

Melalui kebijakan-kebijakan tersebut, Perry bilang, bank sentral menunjukan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan serta pemulihan ekonomi nasional.

“Kebijakan moneter pro stability,” ucap dia.

Baca juga: Untuk Ke-9 Kalinya, BI Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,50 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com