Dirjen Pajak ke Jajarannya: Jangan Korupsi! Jabatan adalah Amanah

Kompas.com - 02/12/2021, 13:38 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo (kiri) dan eks Dirjen Pajak Robert Pakpahan di Jakarta, Jumat (1/11/2019). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIADirektur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo (kiri) dan eks Dirjen Pajak Robert Pakpahan di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak (DJP) Suryo Utomo mengingatkan anak buahnya untuk bertanggung jawab atas jabatan yang telah diberikan negara. Jabatan tidak boleh digunakan untuk merugikan negara dan memperkaya diri sendiri, yakni korupsi.

Suryo menuturkan, jabatan yang dimiliki perlu dilengkapi dengan sikap integritas mengingat Ditjen Pajak menjadi salah satu organisasi yang rawan suap-menyuap.

"Jabatan adalah amanah, sesuatu yang harus secara profesional dilaksanakan. Jadi contoh bukan karena diawasi, tapi karena budaya anti korupsi yang menjadi bagian di tubuh kita sehari-hari," kata Suryo dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Dirjen Pajak: Negara Jadi Kuat jika Pajaknya Tinggi dan Korupsi Rendah...

Suryo menuturkan, prinsip anti korupsi perlu dimiliki oleh insan Ditjen Pajak. Anti korupsi perlu menjadi budaya dan ekosistem dalam organisasi yang harus dikembangkan agar menjadi organisasi yang kredibel dan akuntabel.

Pegawai di Ditjen Pajak harus mampu mengumpulkan penerimaan pajak tanpa korupsi. Pasalnya, negara yang kuat adalah negara yang pajaknya terkumpul tinggi dan tingkat korupsi rendah.

"Integritas harus menjadi landasan yang melapisi semua aktivitas yang dilakukan oleh kami dan kita di DJP. Ini satu dari keinginan terbesar kami, khususnya DJP sedang dalam situasi melakukan perbaikan dan perubahan institusi yang kuat dan kredibel," tutur Suryo.

Lebih lanjut Suryo menilai, integritas tidak akan terjadi tanpa komitmen pimpinan. Menurut Suryo, pimpinan dalam setiap kesempatan harus mengingatkan dan memberikan contoh.

Untuk itu dia meminta seluruh pimpinan di kantor pajak menerapkan prinsip ini untuk seluruh pegawai. Di sisi lain, perlu ada penegakan hukum secara internal untuk memberitahu dan mengingatkan pelaku.

"Kami bangun zona integritas, di DJP sampai lini terendah kami jadikan zona integritas dan bebas korupsi. Peran atasan betul-betul kita dorong untuk memberikan warna dan contoh sebagai role model," pungkas Suryo.

Baca juga: Jualan Online Kena Pajak, Bagaimana Aturan Pajak Olshop?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.