Hitung-hitungan PLN, Konversi LPG ke Kompor Induksi Bisa Bikin Negara Hemat Rp 27,3 Triliun

Kompas.com - 02/12/2021, 15:11 WIB
kompor listrik point2homes.comkompor listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan mendukung pemerintah dalam melakukan transisi ke energi yang ramah lingkungan.

Salah satunya dengan mendukung konversi kompor gas atau LPG ke kompor induksi guna menekan defisit transaksi berjalan (CAD) akibat impor LPG.

Menurut perhitungan PLN, pengalihan ke kompor yang berbasis energi listrik untuk 30 juta penerima manfaat akan menghemat uang negara sebesar Rp 27,3 triliun selama empat tahun.

Baca juga: Kompor Induksi Lebih Hemat? Begini Hitung-hitungannya Menurut PLN

Angka penghematan itu berasal dari penghematan impor LPG sebesar Rp 25,9 triliun dan penghematan subsidi sebesar Rp 1,4 triliun.

"Selain menyelamatkan defisit transaksi berjalan, implementasi konversi kompor LPG ke kompor induksi juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong program-program transisi energi," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021).

Ia mengaku, optimistis program konversi LPG ke kompor induksi bisa terlaksana. Hal itu mengingat Indonesia memiliki sejarah kesuksesan konversi minyak tanah ke LPG.

Dia menjelaskan, dalam konversi minyak tanah ke LPG, pemerintah perlu menerbitkan beleid setingkat Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landasan hukumnya.

Baca juga: PLN Kebut Bangun 67 Unit SPKLU

Maka, untuk konversi dari LPG ke kompor berbasis listrik juga diperlukan payung hukum yang memperkuat pelaksanaannya.

"Kita harus luncurkan perpres ini (untuk konversi kompor induksi) setelah itu baru kita bangun bersama-sama. Ini kepentingan bangsa, bukan kepentingan PLN ataupun Pertamina," kata dia.

Kendati memerlukan komitmen bersama dalam implementasi konversi kompor LPG ke kompor induksi, Bob bilang, PLN pun telah mengkampanyekan penggunaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.