Pemerintah Resmikan Pusat Industri Digital 4.0, Apa Itu?

Kompas.com - 02/12/2021, 17:31 WIB
Menko Perekonomian dan Menperin Resmikan PIDI 4.0, Jadi Showcase Kemajuan Teknologi Digital Indonesia Humas KemenperinMenko Perekonomian dan Menperin Resmikan PIDI 4.0, Jadi Showcase Kemajuan Teknologi Digital Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta.

PIDI 4.0 merupakan fasilitas yang dibangun sebagai solusi satu atap penerapan industri 4.0 di Indonesia dan Jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.

Baca juga: Maruf Optimistis Ekonomi dan Keuangan Syariah Tumbuh Lebih Baik pada 2022

“Pembangunan PIDI 4.0 sejalan dengan salah satu fokus utama dalam Presidensi G20 sesuai yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, yaitu transformasi digital. PIDI 4.0 diharapkan menjadi showcase kemajuan teknologi digital di Indonesia, khususnya di sektor manufaktur,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada peresmian PIDI 4.0 yang disiarkan secara virtual, Kamis (2/12/2021).

Airlangga menuturkan, PIDI 4.0 merupakan solusi satu atap percepatan transformasi menuju Industri 4.0 dan salah satu pengungkit digitalisasi di Indonesia.

Menurut dia, melalui PIDI 4.0, inovasi dan industrialisasi bisa diintegrasikan.

“Hal ini untuk mendukung industri yang saat ini sudah kembali berkembang dan optimisme di sektor ini terus terjaga. PMI juga pernah mencapai 57,2 dalam situasi yang sangat sulit, dan saat ini masih ekspansif. Ini menunjukkan para pelaku industri optimis. Selain itu, dalam 18 bulan terakhir, neraca perdagangan selalu positif,” jelas Airlangga.

Baca juga: Airlangga Sebut Industri Kelapa Sawit Bisa Pertahankan 16,2 Juta Tenaga Kerja Selama Pandemi

Rencananya, PIDI 4.0 akan dikunjungi oleh perwakilan pimpinan negara-negara anggota (SHERPA) G20 dalam agenda Meeting Sherpa G20 pertama pada tanggal 8 Desember 2021 mendatang.

Hal ini, kata Airlangga, menjadi kesempatan bagi Indonesia sebagai negara berkembang pertama yang memimpin G20.

“Indonesia akan menavigasi perkembangan dan mengarahkan perekonomian ke depan, sehingga kita harus menyiapkan ini bersama-sama, termasuk para mitra PIDI 4.0 untuk dapat segera mengisi fasilitas ini,” ujar dia.

Sementara Agus Gumiwang mengatakan, pembangunan PIDI 4.0 merupakan inisiasi Airlangga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.