Inovasi dan Adopsi Teknologi Jadi Kunci Ekspansi Pertumbuhan Sektor Jasa

Kompas.com - 03/12/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi teknologi digital dok. ShutterstockIlustrasi teknologi digital

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor jasa yang mengalami kontraksi sebesar minus 1,77 persen pada 2020, saat ini mulai menunjukkan pertumbuhan yang signifikan karena ditopang oleh perkembangan teknologi informasi.

Sebelumnya mobilitas dan interaksi antara konsumen dan produsen sangat terbatas akibat situasi pandemi sehingga diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Direktur Eksekutif Indonesia Services Dialogue (ISD) Devi Ariyani mengatakan, sebagai sektor yang berkontribusi 55 persen dari PDB, maka peran sektor jasa dalam pemulihan ekonomi nasional sangatlah sentral.

Baca juga: [POPULER MONEY] Uang yang Didapat Messi dari Ballon dOr | China Minta Indonesia Setop Pengeboran di Natuna Utara

"Saat ini kami melihat, masih berlangsung 3 fase kondisi sektor jasa, yakni terdampak pandemi, pemulihan, dan ekspansi. Tiap sektor yang berbeda memiliki kondisi yang berbeda pula. Dalam hal ini, pengaruh perkembangan dan penerapan teknologi informasi menjadi sangat besar, inovasi dan adopsi teknologi adalah kunci ekspansi pertumbuhan sektor jasa," ujar Devi dalam siaran resminya yang dikutip Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Devi menjelaskan, ada tiga hal penting terkait penerapan teknologi informasi di masa pandemi Covid-19 ini.

Pertama, hadirnya perkembangan teknologi membuka peluang sektor jasa untuk meningkatkan transaksi bisnis seperti halnya jasa kesehatan dan pendidikan.

Kedua, inovasi dan adopsi teknologi di berbagai bidang jasa perlu dilakukan karena akan mendorong pertumbuhan dan ekspansi.

Baca juga: Mengawali Debut di Nasdaq, Saham Grab Ditutup Melemah

Ketiga, perlu investasi untuk penerapan teknologi informasi yang berkembang untuk memudahkan akses, meningkatkan kualitas, meningkatkan daya saing, dan efisiensi berusaha.

“Inovasi dan investasi saja tidak cukup. Diperlukan satu reformasi kebijakan untuk mendukung pertumbuhan sektor jasa. Untuk itu, kami dari ISD akan bergerak bersama pelaku usaha yang ada dan mendampingi pemangku kebijakan untuk dapat merumuskan kebijakan sehingga iklim usaha yang kondusif bisa tercipta,” ujar Devi.

Devi menambahkan, ada tiga fase dalam keberlangsungan bisnis sektor jasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.